Berita Gresik

Jelang Imlek, Umat Konghucu Gresik Bersih-bersih Patung Dewa-Dewi

"Dewi ini pasti ada tiap di tiap kelenteng, sebab agar usahanya lancar dan seimbang," kata Pek Tjoe Kian (55), Sekretaris I, Kelenteng Kim Hin Kiong.

Jelang Imlek, Umat Konghucu Gresik Bersih-bersih Patung Dewa-Dewi
surya/sugiyono
Umat Konhucu membersihkan altar di kelenteng jelang Imlek, Kamis (4/2/2016). 

SURYA.CO.ID I GRESIK - Menjelang Hari Raya Imlek 2567, umat Konghucu Gresik membersihkan patung dewa-dewi di Kelenteng atau Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kim Hin Kiong, Jl Dr Setia Budhi, Kamis (4/2/2016).

Beberapa pengurus kelenteng secara bergantian membersihkan dewa-dewi dan memperbaiki kelenteng.

Ada tujuh Dewa-dewi atau altar yang dibersihkan, yaitu Dewi Makco Thian Siang Sing Boo sebagai Dewi Laut, Dewa Kwan Kong sebagai Dewa Kedialan, Dewi Kwan Im Pau Sat sebagai Dewi Welas asih.

"Dewi ini pasti ada tiap di tiap kelenteng, sebab agar usahanya lancar dan seimbang," kata Pek Tjoe Kian (55),  Sekretaris I, Kelenteng Kim Hin Kiong.

Dewa-dewi lainya yaitu Tri Nabi atau Tiga ajaran, Dewa Toa Pek Kong sebagai Dewa Bumi, Dewa Djai Sen Ya selaku Dewa Rejeki dan Thian Kong sebagai Tuhan Yamaha Esa.

"Persiapan menjelang doa bersama di malam tahun baru Imlek hanya bersih-bersih saja. Penyambutan tahun baru imlek dilaksanakan dengan doa bersama pada Minggu malam. Senin paginya acara keluarga," imbuhnya.

Pek Tjoe Kian, menambahkan bahwa keberadaan Kelenteng Kim Hin Kiong di kampung Pecinan, Desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik ini sangat rukun dan damai bersama etnis lain, yaitu etnis Arab dan etnis Tionghoa.

"Samping kanan dan kiri Kelenteng ini etnis Arab. Mereka membuka usahanya. Selama ini juga rukun dan damai," imbuhnya.

Kelenteng yang sudah berdiri sejak 376 Tahun ini berada di luas lahan 700 Meterpersegi. Bahkan bangunan Kelenteng Kim Hin Kiong tidak berubah.

"Tidak berani mengubah, sebab ini termasuk bangunan bersejarah," katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved