Berita Gresik

Selama Januari, Polres Gresik Ungkap 36 Kasus dengan 49 Tersangka 3 di Antaranya Perempuan

"Selama Januari jajaran Polres dan Polsek berhasil mengungkap 36 kasus dengan 49 tersangka," kata Ady Wibowo yang juga, mantan Kapolres Bojonegoro.

Selama Januari, Polres Gresik Ungkap 36 Kasus dengan 49 Tersangka 3 di Antaranya Perempuan
surya/sugiyono
MALU - Kapolres Gresik AKBP Ady Wibowo berada di antara sejumlah tersangka kejahatan, di antaranya tiga perempuan, Rabu (3/2/2016). 

SURYA.co.id | GRESIK - Tindak kejahatan tidak lagi dilakukan laki-laki, kini perempuan juga seringkali terlibat aksi tersebut. Bahkan tidak jarang perempuan sebagai otaknya

Seperti hasil ungkap jajaran Polres Gresik selama bulan Januari 2016 yang dipaparkan di Mapolres Gresik pada Rabu (3/2/2016).

Dalam paparan tersebut terdapat tiga tersangka perempuan, yaitu Wenty (19), warga Driyorjo, Siti, dan Elvi Rahardiana (20), keduanya warga Kecamatan Gresik. Ketiga orang ini mempunyai peran sendiri-sendiri dalam aksi kejahatannya.

Wenty bersama Kakak dan Adiknya spesialis mencuri motor. Sudah 13 motor dicuri dari wilayah Gresik, Lamongan, dan Surabaya.

Sedang Siti nekat mencuri kotak amal di warung kopi. "Tidak lagi melihat laki-laki atau perempuan. Kepepet kebutuhan hidup terpaksa perempuan ikut menjalankan aksi kejahatan," kata Kapolres Gresik AKBP Ady Wibowo, dengan didampingi Kasat Reskrim AKP Heru Dwi Purnomo dan para Kapolsek, Rabu (3/2/2016).

Sementara Elvi Rahardiana, nekat mengambil anting-anting anak dengan membujuk dan merayunya.

"Pengakuan tersangka sudah dua kali mengambil anting-anting anak. Caranya dengan membujuk dan merayu. Dia (ER) sudah pernah ditahan, kemudian keluar dan melaksanakan kriminal lagi," katanya.

Tiga perempuan yang terlibat kejahatan itu rata-rata masih usia remaja.

"Usianya ada yang baru lulus SMA, dan ada yang baru 20 tahun," imbuhnya.

Total hasil ungkap jajaran Polres Gresik selama bulan Januari yaitu 46 orang laki-laki sebagai tersangka dan 3 orang perempuan.

Kasus yang paling besar yaitu kasus perjudian sebanyak 12 kasus dengan tersangka 23 orang, kasus pencurian disertai kejahatan 13 kasus dan 13 tersangja.

Kasus pencurian disertai kekerasan 1 kasus dan 1 tersangka. Kasus pencurian motor ada 7 kasus dengan 8 tersangka dan kasus persetubuhan anak 3 kasus dengan 3 tersangka.

"Selama Januari jajaran Polres dan Polsek berhasil mengungkap 36 kasus dengan 49 tersangka," kata Ady Wibowo yang juga, mantan Kapolres Bojonegoro.

Sedang barang buktinya di antaranya berupa uang tunai Rp 2,386 juta, 2 buah tas, 3 buah linggis, 11 motor, 2 unit mobil, dan 26 potongan besi.

"Tersangka segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri dengan ancaman hukuman 5 tahun sampai 7 tahun penjara," katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved