Berita Sidoarjo

Pemkab Sidoarjo Siapkan Dana Besar untuk Pilkades Serentak di 77 Desa

Pemkab #Sidoarjo menyiapkan dana Rp 50 juta - Rp 70 juta bagi 77 desa untuk menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2016.

Pemkab Sidoarjo Siapkan Dana Besar untuk Pilkades Serentak di 77 Desa
surya/sylvianita widyawati
ILUSTRASI PILKADES 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo menyiapkan dana Rp 50 juta - Rp 70 juta bagi 77 desa untuk menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2016.

Dana tersebut berasal dari APBD dan nantinya disalurkan ke rekening dana APBDes setempat, sebagai biaya persiapan penyelenggaraan Pilkades Serentak 29 Mei mendatang.

Asisten Tata Pemerintahan Pemkab Sidoarjo, Asrofi, mengatakan kebutuhan dana untuj masing-masing desa berbeda karena hal itu tergantung faktor jumlah pemilih.

Setelah dana tersebut masuk ke kas desa, lanjutnya, diharapkan pihak desa segera menyiapkan keperluan logistik untuk Pilkades Serentak.

"Dalam waktu dekat, dana tersebut akan didistribusikan ke masing-masing desa," kata Asrofi, Rabu (2/2/2016).

Asrofi menuturkan untuk panitia penyelenggara, 77 desa tersebut sudah membentuknya. Dengan masuknya dana tersebut, pihak panitia bisa langsung bekerja.

"Karena persiapan cukup panjang, kami harapkan panitia penyelenggara menyiapkan segala sesuatunya dengan rinci," sambungnya.

Asrofi menerangkan ada beberapa perubahan aturan pilkades kali ini. Dijelaskan, jika ada lebih dari lima calon Kades yang ikut sebagai kontestan, pihak Pemkab akan menyeleksinya.

"Ketetapannya maksimal hanya lima calon saja. Lebih dari itu, kami eliminasi menjadi lima calon saja," sambungnya.

Selain itu, calon kades akan langsung digugurkan jika ditemukan dan terbukti menyuap warga untuk mendulang suara.

"Soal sanksi, diserahkan ke masing-masing panitia Pilkades. Tapi yang jelas, calon yang kedapatan dan terbukti money politic akan gugur," ujarnya.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved