Partai Golkar

Golkar Jatim Bergolak, 12 Pengurus Dipecat

#SURABAYA - Ini menyusul adanya pemecatan secara sepihak puluhan pengurus dan kader yang dinilai mbalelo dan cenderung berdiri di dua kaki.

antara/puspa perwitasari
ILUSTRASI - Aburizal Bakrie (tengah) berjabat tangan dengan Akbar Tandjung (kanan) dan tim formatur periode kepengurusan Partai Golkar 2014-2019 Nurdin Halid (kiri) di Nusa Dua, Bali (3/12/2014). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kondisi internal Partai Golkar Jatim memanas menjelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda).

Ini menyusul adanya pemecatan secara sepihak puluhan pengurus dan kader yang dinilai mbalelo dan cenderung berdiri di dua kaki, yakni ikut kubu Aburizal Bakrie dan kubu Agung Laksono.

Pemecatan itu diketahui publik, setelah Sekertaris DPD Partai Golkar Jatim pro hasil Munas Bali, Gesang Budiarso mengumumkan Surat Keputusan DPP PG Nomor 71/DPP/Golkar/XII/2015 tentang Perpanjangan masa bakti kepengurusan DPD Partai Golkar Jatim.

Surat itu juga mengatur pengesahan revitalisasi komposisi dan personalia Golkar Jatim, sebagaimana diumumkan dalam rapat tertutup di kantor DPD, Jalan A Yani Surabaya, Rabu (3/2/2016).

Menurut Gesang, dalam SK yang baru ini terdapat perubahan atau atau pergantian antar waktu (PAW) kepengurusan DPD PG Jatim.

Ini dilakukan, karena sejumlah pengurus yang diganti terbukti melakukan kegiatan politik yang melanggar Peraturan Organisasi (PO) Nomor 7 tahun 2011.

"Kesalahan pengurus yang di PAW, karena mereka ikut bergabung dengan Golkar kubu Agung Laksono. Bahkan hadir dan melantik Musda Golkar kubu Munas Ancol di sejumlah daerah di Jatim," tegasnya.

Padahal, politik, kata Gesang adalah pilihan. Ketika mereka memilih bergabung Golkar kubu Ancol, berarti harus siap menerima konsekuensinya.

Untuk itu, pihaknya mempertanyakan sejumlah kader Golkar Jatim yang tak terima dengan keputusan DPP kubu Aburizal Bakrie. Padahal, SK ini sudah ditandatangani sejak 30 Desember 2015 lalu.

"Saat SK diteken, kepengurusan DPP Golkar hasil Munas Riau masih berlaku dan legitimate mengeluarkan kebijakan tersebut," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved