Video

VIDEO - Momen Tragis Sepanjang 2.600 Tahun Valentine Day Versi Tiongkok

Festival Qiqi menginspirasi Festival Tanabata di Jepang, Festival Chilseok di Korea, dan Festival Thất Tịch di Vietnam.

SURYA.co.id | CHANGZHOU - Valentine Day atau Hari Kasih Sayang yang berakar dari kultur Eropa sudah menjalar ke seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Namun, China atau Tiongkok punya momen serupa, sebutannya Festival Qiqi. 

Jika Valentine Day jatuh pada 14 Februari, Festival Qiqi jatuh pada hari ketujuh bulan ketujuh dalam penanggalan Tiongkok. Ini tradisi tua sejak lebih dari 2.600 tahun silam atau 2,5 milenium silam. 

Festival Qiqi menginspirasi Festival Tanabata di Jepang, Festival Chilseok di Korea, dan Festival Thất Tịch di Vietnam. 

Lazimnya pada momen Valentine Day, pemuda China juga mengungkapkan perasaan cinta mereka melalui berbagai cara menjelang maupun saat Festival Qiqi. 

Ungkapan cinta seperti terekam dalam video di atas bisa jadi merupakan momen paling tragis sepanjang Festival Qiqi.

Dikutip SURYA.co.id dari South China Morning Post (SCMP), pria dalam video itu memanjat tiang listrik bertegangan tinggi untuk menyatakan cinta pada perempuan pujaannya. 

Saat perempuan pujaannya yang berada di bawah tiang listrik itu menyatakan menerima cintanya, pria itu bergegas hendak turun.

Sesuatu yang mengerikan dan tak terduga pun terjadi. Tubuh pria itu menyentuh kabel listrik tegangan tinggi tetapi tidak langsung tewas.

Ia masih sempat berpegangan sehingga tidak langsung jatuh. Saat cengkeramannya lepas, tubuhnya pun jatuh. Ia tewas.

SCMP mengutip koran Modern Express yang berbahasa dan beraksara China, menyebutkan, peristiwa itu terjadi di Kota Changzhou, Provinsi Jiangsu, Jumat, 9 Agustus 2013.

Halaman
12
Penulis: Yuli
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved