Breaking News:

Pemkot Surabaya

Lintasan Sirkuit Pengganti Kenjeran Dikebut, Ditarget Selesai Akhir Tahun 2016

"Targetnya maksimal tiga bulan setelah lelang didapat, sudah mulai pembangunan lintasan di atas lahan yang saat ini sedang diuruk itu."

surya/parmin
Afghani Wardhana 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah proses pengurukan hampir rampung 50 persen, Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Surabaya siap melanjutkan pembangunan lintasan untuk sirkuit.

Lelang pembangunan lintasan akan dimulai pada awal bulan Februari 2016. Sirkuit ini berada di komplek Stadioan Gelora Bung Tomo (GBT).

Kepala Dispora Kota Surabaya Afghani Wardhana mengatakan, pihaknya berharap lelang untuk kontraktor pembangun lintasan bisa lancar dan langsung bergerak.

"Targetnya maksimal tiga bulan setelah lelang didapat, sudah mulai pembangunan lintasan di atas lahan yang saat ini sedang diuruk itu," kata Afghani, Jumat (22/1/2016).

Lebih lanjut, Afghani menambahkan, proyek pembangunan lintasan sirkuit itu nilainya mencapai Rp 16 miliar.

Untuk proses persiapan lelang akan ditangani Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Sejauh ini belum ada kendala berarti dalam proses lelang ini.

“Proyek sirkuit ini bersifat multiyears. Jadi digarap secara bertahap. Tahun ini yang digarap adalah lintasan terlebih dulu. Mungkin tahun depan akan dianggarkan lagi untuk paket pengerjaan yang lain,” tambah Afghani.

Sebelumnya, untuk pengerjaan pengurukan, Dispora sempat melakukan lelang ulang. Namun gagal lantaran sepi peminat.

Setelah dilelang ulang, hasilnya kini sudah ada pemenang. Anggaran untuk lelang pengurukan ini mencapai Rp 2,7 miliar. Sedangkan untuk lintasan akan dibangun sepanjang 1.100 meter dengan lebar 30 meter.

Rinciannya 20 meter untuk lintasan balap dan lima meter di sisi kanan kiri lintasan sebagai antisipasi pembalap ketika terjatuh.

"Tak hanya untuk balapan motor, sirkuit ini nantinya juga bisa dipakai untuk balapan Formula 1 (F1),” lanjutnya.

Dispora menargetkan pada 2018 proyek sebagai pengganti sirkuit Kenjeran ini bisa rampung.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved