Berita Inovasi Surabaya

Empat Mahasiswa ITS Buat Aplikasi agar Indonesia Tidak Kekurangan Darah, Begini Idenya

Dia beralasan kekurangan pasokan darah di Indonesia kebanyakan akibat kurangnya pengetahuan para pendonor darah, misalnya ketentuan donor darah.

Empat Mahasiswa ITS Buat Aplikasi agar Indonesia Tidak Kekurangan Darah, Begini Idenya
surya/sulvi sofiana
Dari kiri : M Zuhri (20), Ari Agustina (20),Leonika Sari (22), dan Faisal Setia Putra (20) saat memasuki babak final startup sprint dengan aplikasi reblood buatan mereka. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Pelaksanakan donor darah secara rutin agaknya sulit dilakukan bagi sebagian besar masyarakat. Pasalnya, pengetahuan dan informasi seputar kegiatan donor darah sangat minim.

Misi sosial inilah yang mendasari empat mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Institut Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) membuat aplikasi reblood.

Mereka yaitu Leonika Sari (22), Faisal Setia Putra (20), Ari Agustina (20), dan M Zuhri (20).

Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Playstore. Ide pembuatan aplikasi ini berawal dari Leo, panggilan Leonika Sari, yang biasa ikut enterpreuner weekend. Dia ingin membuat aplikasi yang bisa membantu banyak orang dalam pemenuhan darah di Indonesia.

“Kami mulai riset, data yang kami dapat dalam setahun di Indonesia minimal butuh 1 juta kantong darah. Bahkan tahun 2013, hampir 2,4 juta kantong darah kebutuhannya," tutur Leo.

Leo mengakui ide ini merupakan inisiasinya agar Indonesia tidak kekurangan pendonor darah.

Dia beralasan kekurangan pasokan darah di Indonesia kebanyakan akibat kurangnya pengetahuan pendonor darah, misalnya ketentuan donor darah.

Sehingga banyak pendonor yang ditolak, di antaranya karena belum makan, begadang malam sebelumnya, baru minum obat, atau bahkan kurang berat badan.

"Melalui aplikasi ini kita berusaha membuat reminder beberapa hari sebelumnya agar pendonor siap sepenuhnya," tambah Faisal.

Selain reminder, ada beberapa fitur lainnya dalam aplikasi Reblood. Salah satunya adalah Event yang menampilkan jadwal kegiatan donor darah terkini di Surabaya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved