Perpustakaan Bank Indonesia

Di Pasar Ini Hanya Dijual Produk Organik

Hidup sehat makin jadi tuntutan masyarakat modern. Tak heran bila kini banyak anggota masyarakat menawarkan produk keperluan sehari-hari non kimia.

Di Pasar Ini Hanya Dijual Produk Organik
SURYA/PRAMUDITO

SURYA.co.id | SURABAYA - Hidup sehat makin jadi tuntutan masyarakat modern. Tak heran bila kini banyak pula anggota masyarakat yang menawarkan produk makanan atau pun keperluan sehari-hari non bahan kimia untuk menjawab maraknya kebutuhan tersebut.

Pasar Ijo Suroboyo yang digelar di teras dalam Perpustakaan Bank Indonesia, Minggu (17/1) adalah salah satunya. Sedikitnya 16 stan dalam kegiatan yang diadakan Komunitas Organik Indonesia (KOI) Jawa Timur ini memajang beragam keperluan sehari-hari, mulai produk bahan makanan, makanan jadi, hingga kosmetik.

Pasar Ijo Surabaya ini merupakan yang kedua kalinya. Diantara yang ditawarkan adalah sabun yang memakai bahan campuran VCO (virgin coconut oil/ minyak kelapa murni) dan lye sebagai emulsi untuk mengganti bahan kimia yang selama ini digunakan untuk membuat sabun.

Juga ada aneka sayuran seperti kangkung, sawi, serta bermacam buah seperti alpukat dan tomat yang semuanya organik. “Saya sudah mulai jualan gudeg tanpa bahan pengawet sejak empat tahun lalu,” tutur Diah Cahya yang memakai label Mbak Judes untuk produk makanan buatannya.

Menurut Diah, menu gudeg sengaja dipilih sebab ternyata banyak masyarakat Surabaya doyan makanan khas Yogyakarta ini. Bedanya, gudeg itu disesuaikan dengan lidah orang Surabaya yang tak suka terlalu manis.

Ditambahkan Diah, makanan buatannya itu bisa tahan sampai tiga hari dalam suhu rumah. “Bukan karena pengawet tapi dimasak dengan metode slow cook selama delapan jam,” urainya.

Selain gudeg, Diah juga membuat banyak makanan serba pedas yang dijual secara online, seperti sambal grago petai, ceker mletek, garang asam ceker, dan gulai ceker.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Achmad Pramudito
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved