Citizen Reporter

Mengapa Mereka Sukses dan Mengapa Saya Gagal?

pasti Anda pernah mempertanyakan hal itu.... ternyata inilah 4 kebiasaan positif yang biasa dilakukan orang-orang sukses setiap harinya...

Mengapa Mereka Sukses dan Mengapa Saya Gagal?
cliparts
ilustrasi 

Oleh : Yupiter Sulifan
Guru BK SMAN 1 Taman Sidoarjo
fb.com/juve sulifan

SELASA (12/1/2016), bimbingan klasikal seputar sukses milik semua orang, diberikan untuk siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Taman. Menggunakan metode bibliokonseling, yakni membaca cermat kisah hidup orang-orang sukses di segala bidang. Murid dibagi menjadi enam kelompok dan setiap kelompok mendapat jatah empat biografi orang sukses untuk mengetahui kebiasaan sukses mereka. Hasil diskusi kelompok kecil ini dipresentasikan dan hasilnya dirangkum untuk diaplikasikan bersama-sama.

Inilah empat kebiasaan orang sukses yang bisa diadopsi untuk dipraktikan dalam kebiasaan sehari-hari, antara lain:

1. Membaca
Sepintas, kebiasaan membaca terkesan sepele. Bahkan ada stigma, orang suka membaca itu termasuk orang malas. Padahal, membaca tak ubahnya membuka jendela dunia, mengetahui lebih tentang dunia. Dengan membaca, dapat membuka wawasan  tentang berbagai hal. Membaca juga bisa menginpirasi. Dan, orang sukses memiliki kebiasaan membaca minimal 30 menit setiap hari.

2. Orang sukses selalu memiliki rencana mengenai apa yang akan dikerjakan di esok hari. Karena waktu berlalu tak bisa kembali, maka investasikan waktu untuk kegiatan  berharga  yang mengarah pada tujuan sukses.

3. Kendati klise, ternyata bangun pagi atau bangun lebih awal dari kebanyakan orang akan memengaruhi sepanjang hari. Orang sukses bangun tiga jam lebih awal sebelum mereka mulai bekerja. Mereka bangun lebih awal untuk mempersiapkan diri menjalani hari tersebut. Ada yang berdoa, beribadah, bermeditasi, membaca buku, juga mulai berolahraga.

4. Poor people have big TV’s. Rich people have big libraries. Kutipan dari Jim Rohn ini ternyata ada benarnya. Penelitian Entrepreneur Magazine melansir, orang sukses hanya menonton TV maksimal  satu jam sehari! Karena kebanyakan orang sukses memilih menggunakan waktunya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Misalnya membaca buku, menulis, atau berkarya.

Ingat, orang sukses telah melewati kegagalan berkali-kali, bahkan ratusan kali. Meneladani atau meniru kebiasaan baik dari orang-orang sukses bukan satu tindakan yang berat dilakukan.

Bersediakah Anda menirunya?

 


 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved