Berita Kampus Surabaya

Selama 2015 Kopertis Gelontor Anggaran Rp350 Miliar untuk PTS

“Anggaran tersebut belum termasuk dana penelitian dan pengabdian serta PKM (Program Kreativitas Mahasiswa),"ujar Suprapto.

surya/adrianus adhi
Suprapto 

SURYA.co.id | SURABAYA - Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) VII Jatim selama 2015 telah menggelontorkan anggaran mencapai Rp 350 miliar. Secara esensi, anggaran itu merupakan komitmen pemerintah atas eksistensi perguruan tinggi swasta (PTS).

“Anggaran tersebut belum termasuk dana penelitian dan pengabdian serta PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang diluncurkan oleh Dirlitabmas dari DIPA Kementerian,"ujar Koordinator Kopertis VII, Suprapto, Senin (11/1/2016).

Menurut Suprapto, 2015 merupakan masa transisi dari Kemdikbud ke Kemenristekdikti. Itu sebabnya, DIPA semester pertama menggunakan nomenklatur Kemdikbud, sedang semester kedua menggunakan nomenklatur Kemenristekdikti.

Dari jumlah anggaran tersebut, Rp253 Miliar (72 persen) untuk gaji dan tunjangan, termasuk tunjangan kehormatan dan sertifikasi dosen yang tersebar di PTS.

Terkait tunjangan sertifikasi dosen pada 2015 ada peningkatan dibandingkan tahun 2014, yakni Rp 138 miliar dari sebelumnya Rp 133 miliar.

Sedang anggaran 2016, sampai saat ini belum diketahui pasti. Melihat adanya kenaikan tahun sebelumnya Kopertis optimis akan ada tambahan.

“Peningkatan kesejahteraan dosen pada 2016 diharapkan menjadi pemicu peningkatan kinerja dosen dan pada ujungnya meningkatkan mutu akademik perguruan tinggi,” papar guru besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tersebut.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved