Kuliner Surabaya

Kafe Sajikan Jamu Paduan Rempah, Sayur dan Buah Sedang Laris di Surabaya

"Sekarang jamu sudah ada yang rasa strawberry, dan ada yang dipadukan dengan sayuran," kata Perry Anglishartono, produk grup manajer Jamu Iboe.

Kafe Sajikan Jamu Paduan Rempah, Sayur dan Buah Sedang Laris di Surabaya
wiwit purwanto
Suasana Iboe Griya Herba di Jl Raya Gubeng, Surabaya. 
SURYA.co.id | SURABAYA - Khasiat minuman tradisional jamu sudah tak diragukan lagi. Warisan asli Indonesia ini terbukti mampu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.
Minuman jamu selama ini selalu dikonotasikan dengan minuman yang pahit. Padahal tidak semuanya terasa pahit.
Kini, minuman jamu banyak digemari karena beda dengan jamu kala dulu.
"Sekarang jamu sudah ada yang rasa strawberry, dan ada yang dipadukan dengan sayuran," kata Perry Anglishartono, produk grup manajer Jamu Iboe.

Menurutnya, minuman jamu lebih banyak bermanfaat mencegah, memperbaiki dan meningkatkan kondisi tubuh. "Sekarang minuman jamu ini rasanya tidak lagi pahit tapi manis dan menyegarkan," jelasnya.

Seperti sore itu di Iboe Griya Herba, beberapa penikmat minuman jamu adalah para wanita muda.

Mereka terlihat menikmati seduhan jamu sambil kongkow. Namun minuman jamu yang mereka nikmati bukan jamu seperti dulu yang rasanya pahit tapi jamu yang rasanya sudah modernisasi.

"Yang merah ini jamu herbal rosella strawberry, yang agak kemerahan ini temulawak tomato," kata Damai, yang sedang menikmati jamu di Iboe Griya Herba.

sasa

Rosella strawberry adalah minuman dari daun rosella dengan strawberry, minuman yang disajikan dingin ini bermanfaat menjaga daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Sementara temulawak tomato adalah temulawak yang dipadukan dengan mangga dan tomat yang dicampur jadi minuman jus.

Selain minuman jamu yang sudah mengalami modifikasi, di tempat ini juga masih menyediakan sedujan minuman jamu pahit. Aneka macam jamu ini tersedia lengkap.

"Untuk jamu pahitan juga ada tinggal pilih nanti diseduhkan, atau minuman jamu lainnya yang sudah dimodifikasi juga ada untuk yang bisa di bawa pulang," lanjut Perry.

Selain anak-anak muda, jika siang hari juga banyak dikunjungi anak-anak sekolah. Ini membuktikan jika minuman jamu dan herbal kini sudah banyak disuka oleh semua kalangan.

Dalam perkembangan minuman jamu benar benar mengalami banyak perubahan.

Minuman jamu sekarang ini ada yang namanya herbal mixed juice and drink. Sebuah minuman jamu dengan bahan tradisional yang di mix dengan buah dan sayur.

Salah satu minuman favorit di Iboe Griya Herba adalah golden tamarin, minuman ini adalah perpaduan kunyit, asam dan nanas. Ada juga green tamarin yakni paduan jeruk nipis, sayur pok cay kunyit dan asam.

"Minuman ini banyak mengandung serat dan menyegarkan badan. Untuk minuman herbal lainnya adalah olahan minuman teh," katanya.

Seperti herbal tea, yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol ringan. Minuman ini bukan hanya teh tapi ada beberapa ramuan lainnya di dalamnya seperti ekstrak seledri, temulawak, kunir, daun salam dan daun jati Belanda.

Untuk menyajikan komposisi harus pas agar manfaat ramuan ini benar-benar terasa.

Demikian juga dengan minuman panas, dengan bahan dari Alang-alang, akar manis, kencur, cengkeh, ketumbar dan kapulaga.Minuman inj banyak dicari untuk mencegah panas dalam.

Sebaiknya kata Perry seduhan minuman tradisional ini diminum setelah makan. "Kalau diminum setelah makan minuman ini juga berkhasiat meluluhkan lemak lemak," ujarnya.

Selain untuk orang dewasa, minuman jamu ini juga diperuntukkan anak-anak. Misalnya temulawak tea yang bermanfaat menjaga kesehatan hati dan menghaluskan kulit.

Selain itu secara umum temulawak ini untuk menambah nafsu makan.

Halaman
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved