Berita Lamongan

Lamongan Kekurangan 4.679 PNS, Pejabat Bilang Pemkab Terancam Sakit

#LAMONGAN - Jika pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium hingga tahun 2019, maka kekuranganan PNS meningkat menjadi 5.938 orang,

Lamongan Kekurangan 4.679 PNS, Pejabat Bilang Pemkab Terancam Sakit
hanif manshuri
Sekretaris Pemkab Lamongan, Yuhronur Efendi, saat melepas para karyawan yang purnatugas sebagai PNS di Pendapa Lokatantra, Rabu (30/12/2015). 

SURYA.co.di l LAMONGAN – Pemerintah pusat memastikan pada 2016 tidak ada pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ini tentu menjadi pukulan bagi Pemkab Lamongan.

Pasalnya, hingga kini Lamongan masih kekurangan sebanyak 4.679 PNS. “Hingga akhir 2015 ini Lamongan hanya terisi 11.788 PNS, Padahal kebutuhan idealnya seharusnya 16.467. Kurangnya berarti 4.679 PNS,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian, Ismunawan, saat pelepasan 215 PNS yang purna tugas di Pendapa Lokatantra, Rabu (30/12/2015).

Kondisi kekuarangan jumlah PNS di Lingkungan Pemkab Lamongan saat ini menurut Ismunawan cukup berbahaya. Karena akan sangat mempengaruhi masing – masing SKPD yang kebutuhan karyawannya tidak terpenuhi.

Pada tahun ini saja, yakni per 1 Januari hingga akhir Desember 2015, ada sebanyak 215 PNS yang purna tugas. Sebanyak 208 orang di antaranya yakni dari bidang pendidikan, 1 orang bidang kesehatan, 2 orang dari Inspektorat, 1 orang dari DPU Pengairan, 1 orang dari Dinas Pertanian dan Kehutanan dan 1 orang lagi dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana.

Sedangkan dari perhitungan di periode tahun tahun 2016 sampai dengan 2019, diperkirakan akan ada sebanyak 1.259 orang PNS yang pensiun.

“Jadi jika pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium hingga tahun 2019, maka kekuranganan PNS meningkat menjadi 5.938 orang,“ kata Ismunawan.

Pemerintah Lamongan jauh hari sebenarnya sudah berusaha untuk merayu pemerintah pusat agar ada penambahan atau formasi baru untuk PNS Lamongan. Namun kenyataannya pemerintah pusat memberlakukan moratorium itu.”Ini sangat berbahaya,” katanya.

Sementara itu, Sekkab Lamongan, Yuhronur Efendi kepada para purna yang Rabu (30/12/2015) dilepas berharap tidak lepas dari keperduliannya terhadap rakyat.

“Terima kasih kepada para purna tugas yang selama ini telah memberikan sumbangsihnya,” katanya.

Beberapa tahun belakangan ini pembangunan di Kabupaten Lamongan mengalami peningkatan yang pesat dibandingkan kabupaten tetangga. Hal ini juga didukung oleh peran dan sumbangsih para purna tugas PNS.

“Kita akan merasa sangat kehilangan dan semoga kita dapat menjaga silaturrahmi,” harapnya.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved