Berita Sidoarjo

Kurang Tenaga Medis, Program BLU Puskesmas di Sidoarjo Molor

Ika beralasan pihaknya tengah menunggu hasil studi kelayakan dari tim adhoc yang dibentuk untuk memetakan kondisi puskesmas di seluruh Sidoarjo.

Kurang Tenaga Medis, Program BLU Puskesmas di Sidoarjo Molor
istimewa
ilustrasi 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Kurangnya tenaga medis di Sidoarjo membuat program Badan Layanan Umum (BLU) Puskesmas yang digagas Dinas Kesehatan (Dinkes) gagal terpenuhi.

Padahal, pihak Dinkes menargetkan realisasi tersebut pada 2015, setelah resmi dicanangkan 2014 silam.

Kepala Dinkes Sidoarjo, dr Ika Harnasti mengatakan dari 26 puskesmas yang ada di Kota Delta rata-rata hanya memiliki tiga dokter saja. Sedangkan untuk menjadikan puskesmas sebagai lembaga BLU, syarat wajib jumlah dokter yang harus dipenuhi adalah 10 orang.

"Kami masih kekurangan tenaga medis, terutama dokter untuk menuntaskan program BLU Puskesmas," kata Ika, Minggu (27/12/2015).

Ika beralasan pihaknya tengah menunggu hasil studi kelayakan dari tim ad hoc yang dibentuk untuk memetakan kondisi puskesmas di seluruh Sidoarjo.

Selama setahun ini, lanjutnya, Dinkes mendata hal-hal yang harus dipersiapkan masing-masing puskesmas, baik itu fasilitas, tenaga medis, peralatan, pelayanan, dan kelengkapan medis lainnya.

"Laporannya sedang dalam proses dan nantinya akan segera kami benahi hal-hal yang berkaitan dengan standard persyaratan BLU Puskesmas," sambungnya.

Namun, dari laporan awal, Ika menyatakan ada 13 puskesmas (di antaranya, Kota, Waru, Taman, dan lainnya) yang paling siap menjadi BLU Puskesmas karena telah memiliki layanan rawat-inap. Kendati demikian, masih kurangnya tenaga dokter membuat layanan rawat-inap ini menjadi kurang maksimal.

Ketika beroperasi, satu BLU Puskesmas membutuhkan tiga shift dokter selama 24 jam. Satu shift itu setidaknya dibutuhkan dua sampai tiga dokter.

"Kebutuhan tambahan dokter menjadi hal yang mendesak," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved