Pariwisata

Perhatikan Hal Ini Sebelum Ziarah ke Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim

#GRESIK - Biaya parkir bus di terminal wisata Syeh Maulana Malik Ibrahim sebesar Rp 72.000 untuk bus sedangkan mini bus Rp 42.000.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Ziarah ke Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim
Surya/Moch. Sugiyono
Bus pariwisata parkir di terminal bus Syeh Maulana Malik Ibrahim, Jl Pahlawan, Gresik, Jumat (25/12/2015). 

SURYA.co.id I GRESIK - Selama musim liburan panjang mulai Hari besar Natal, Maulid Nabi Muhammad SAW dan libur akhir tahun 2015, arus wisatawan ke kawasan wisata religi Sunan Syeh Maulana Malik Ibrahim di Gresik, meningkat drastis.

Wisatawan tersebut datang dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya dari Pulau Jawa. Mulai dari Malang sampai Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (25/12/2015).

"Musim libur sekolah, libur hari besar nasional dan hari Sabtu-Minggu, selalu rame," kata Sunandar, petugas jaga di parkir Syeh Maulana Malik Ibrahim.

Pengunjung wisata religi di Syeh Maulana Malik Ibrahim ada rombongan orang tua dan ada rombongan anak-anak sekolah.

"Rombongan dari Kudus," kata kernet bus pariwisata saat menunggu rombongan berdoa di Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim.

Jumlah bus pariwisata yang masuk tidak tertata dan terdata dengan baik. Bus pariwisata yang masuk ada yang diparkir di luar terminal padahal di dalam terminal masih kosong.

Semrawutnya penataan bus tersebut disebabkan dari masyarakat sekitar wisata religi Syeh Maulana Malik Ibrahim yang mengarahkan parkir bus di luar terminal.

Hal itu mengakibatkan para pengunjung harus lebih jauh menuju tempat makam Syeh Maulana Malik Ibrahim.

"Tidak berani menolak. Warga meminta parkir di luar. Ternyata di dalam terminal masih kosong," kata kernet bus pariwisata saat di warung kopi.

Dari adanya parkir bus pariwisata yang liar tersebut, mengakibatkan semerawutnya pendataan bus yang datang di area wisata religi Syeh Maulana Malik Ibrahim.

"Ini baru jaga sejak pukul tiga sore sampai jam lima sore baru tujuh bus. Yang tadi pagi saya tidak tahu sebab datanya berbeda-beda," kata Efendi, penjaga parkir bus pariwisata Syeh Maulana Malik Ibrahim, Jl Pahlawan, Gresik.

Biaya parkir bus di terminal wisata Syeh Maulana Malik Ibrahim sebesar Rp 72.000 untuk bus sedangkan mini bus Rp 42.000.

"Ini dibagi beberapa instansi, ada Kelurahan selaku pengelola desa yang bertugas menjaga kebersihan, pengelola parkir dan Dinas lainnya," katanya.

Di Kabupaten Gresik, ada dua makam Sunan Wali Sembilan yaitu Sunan Giri, di Desa Giri, Kecamatan Kebomas dan Sunan Syeh Maulana Malik Ibrahim di Desa Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik

Penulis: Sugiyono
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved