Berita Surabaya

Warga Antri Operasi Katarak Gratis

"Jika ada yang segera di operasi kami langsung ambil tindakan untuk operasi," kata Soeharsa Muliabarata, ketua yayasan sosial Abdihusada Utama, selaku

Warga Antri Operasi Katarak Gratis
surya/Wiwit P
Pasien usai melakukan operasi mata katarak, Minggu (20/12/2015) di RS Gotong Royong, Jl Medokan Semampir Indah.

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 40 warga kurang mampu dari berbagai daerah di Jawa Timur mendapat kesempatan berobat gratis berupa operasi mata katarak, Minggu (20/12/2015) di
RS Gotong Royong, Jl Medokan Semampir Indah.

Para penderita gangguan penglihatan ini sejak pagi sudah antri untuk menjalani pemeriksaan sebelum mereka menjalani operasi katarak.Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana gangguan penglihatan yang ada serta untuk menentukan apakah perlu operasi atau tidak.

"Jika ada yang segera di operasi kami langsung ambil tindakan untuk operasi," kata Soeharsa Muliabarata, ketua yayasan sosial Abdihusada Utama, selaku penanggung jawab operasi katarak gratis.

Menurutnya tindakan operasi dilakukan langsung di RS Gotong Royong, pasien juga mendapat obat dan peralatan operasi kualitas yang baik.

"Semua obat dan peralatan operasi yang paling bagus, peralatan seperti pisau dan alat lainnya juga sekali pakai," lanjutnya.

Untuk mencari para penderita katarak pihaknya bersama Yayasan Haji Muhamad Cheng Ho turun sendiri ke lapangan.

"Kami mencari saudara saudara kita yang kurang mampu untuk mendapat layanan kesehatan mata. Sekaligus ini syiar untuk
warga yang membutuhkan pengobatan operasi katarak tapi tidak mempunyai biaya untuk operasinya," jelas H Nurawi, ketua Yayasan Haji Muhamad Cheng Ho.

Beberapa warga yang datang berasal dari luar Surabaya sepertu dari Madura hingga ada yang datang dari Jawa Tengah.

Menurutnya dalam operasi katarak gratis ini tidak memandang suku, agama dan ras semua warga boleh untuk ikut dalam kegiatan sosial ini.

Suyati salah seorang penderita katarak yang baru saja selesai menjalani tindakan operasi mengatakan sangat terbantu sekali dengan operasi katarak gratis ini.

"Operasinya nggak lama dan tidak terasa tadi," ujarnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved