Berita Bangkalan

Sampah Berserakan di Jalur Poros Kamal - Bangkalan

"Sampah - sampah itu bisa terbawa air hujan ke tengah jalan. Sepertinya sudah biasa pemandangan seperti itu," kata Mustofa yang hendak menuju Pelabuha

Sampah Berserakan di Jalur Poros Kamal - Bangkalan
surya/Ahmad Faisol
Sampah berserakan di beberapa titik penampungan sampah sementara di jalur poros Kamal - Bangkalan 

SURYA.co.id |BANGKALAN - Empat bak sampah di sepanjang jalur poros Kamal - Bangkalan tak mampu menampung sampah rumah tangga. Akibatnya, sampah meluber hingga ke bahu jalan.

Bukan hanya mengganggu estetika, namun luapan sampah itu juga menimbulkan bau tak sedap dan mengundang kerumunan lalat.

Seorang pengendara sepeda motor, Mustofa, warga Kecamatan Socah saat melintasi jalur tersebut mengatakan, luapan sampah itu bisa menggangu ketika hujan mulai turun.

"Sampah - sampah itu bisa terbawa air hujan ke tengah jalan. Sepertinya sudah biasa pemandangan seperti itu," kata Mustofa yang hendak menuju Pelabuhan Kamal, Jumat (18/12/2015).

Empat titik bak sampah itu berada di Jalan Raya Telang atau sebelah selatan pintu masuk menuju Universitas Tunojoyo Madura (UTM) hingga di depan Mapolsek Kamal.

Camat Kamal Faisol mengemukakan, volume sampah di Kecamatan Kamal atau di sepanjang Jalan Telang hingga mendekati Pelabuhan Kamal sangat tinggi.

"Untuk mengatasi masalah itu, saya berikan tambahan insetif kepada petugas pengangkut sampah dari BLH (Badan Lingkungan Hidup) agar bersedia lembur," ujar Faisol.

Ia menambahkan, hari ini pihaknya menargetkan sapu bersih sampah di sepanjang jalur itu mengingat musim penghujan telah tiba.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan BLH Bangkalan, Imam Syafri menjelaskan, kendala utama terletak pada keterbatasan jumlah armada pengangkut sampah.

"Total dari 11 truk pengangkur sampah, tidak bisa dioperasikan secara keseluruhan. Ada beberapa unit yang sedang turun mesin. Armada - armada konsentrasi di kota plus Kecamatan Kamal," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved