DPR Yakin Tak Ada Kekosongan Pimpinan KPK

"Pelaksana tugas tiga orang itu kan tetap ada meski yang dua berhenti. Plt kan tanpa limit waktu, ditetapkan sampai terpenuhi pimpinan baru, dan tetap

DPR Yakin Tak Ada Kekosongan Pimpinan KPK
TRIBUNNEWS / HERUDIN
Plt Pimpinan KPK Johan Budi (dua kiri), Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki (tengah), Pimpinan KPK Zulkarnain (dua kanan), dan Plt Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji (kanan), memberikan keterangan kepada wartawan terkait rancangan revisi UU KPK, di kantor KPK, Jakarta Selatan, Rabu (7/10/2015). KPK menolak rancangan revisi UU KPK yang diusulkan DPR karena 

SURYA.co.id |JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman menjamin tidak akan ada kekosongan jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, jika sampai Rabu (16/12/2015) ini, belum ada pimpinan KPK definitif yang dipilih DPR.

Komisi III kemungkinan baru mengumumkan nama-nama pimpinan KPK terpilih pada Kamis (17/12/2015).

"Pelaksana tugas tiga orang itu kan tetap ada meski yang dua berhenti. Plt kan tanpa limit waktu, ditetapkan sampai terpenuhi pimpinan baru, dan tetap dapat mengambil keputusan strategis," ujar Benny saat ditemui di Ruang Rapat Komisi III DPR, Jakarta, Selasa (15/12/2015) malam.

Dua pimpinan KPK tersebut, yaitu Adnan Pandu Praja dan Zulkarnaen. Masa jabatannya akan habis hari ini.

Sementara, tiga pimpinan sementara, yakni Taufiequrachman Ruki, Indriyanto Seno Aji dan Johan Budi akan berakhir saat pimpinan yang baru dilantik.

Dengan demikian, menurut Benny, tidak akan ada persoalan kekosongan jabatan. Meski dua pimpinan KPK telah habis masa jabatannya, tugas pimpinan dan pengambilan keputusan-keputusan strategis tetap dapat dilakukan oleh tiga pimpinan sementara KPK.

Ditundanya pengumuman nama-nama pimpinan KPK karena waktu pelaksanaan uji kelayakan (fit and proper test) terbentur waktu rapat paripurna DPR.

Hari ini, Komisi III kembali menjadwalkan fit and proper test terhadap tiga calon pimpinan KPK. Ketiganya adalah, Agus Rahardjo, Laode M Syarief, dan Busyro Muqoddas.

Setelah fit and proper test selesai dilaksanakan, Komisi III akan segera menggelar rapat pleno internal untuk memilih nama-nama yang akan ditunjuk sebagai pimpinan KPK definitif.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Editor: Yoni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved