Breaking News:

Berita Unik

VIDEO - Ratusan Anak Kanada Nyanyikan Thala' al-Badru 'Alayna untuk Pengungsi Suriah

#KANADA - Paduan suara anak-anak ini menyanyikan lagu yang tak asing juga bagi sebagian kaum muslim di Indonesia, terutama kalangan Nahdliyin.

Penulis: Yuli | Editor: Yuli

SURYA.co.id | KANADA - Ini teladan baik dari dunia Barat. Kelompok paduan Suara anak-anak Kanada menyanyikan lagu berbahasa Arab untuk menyambut kedatangan para pengungsi dari Suriah ke negeri itu. 

Rekaman video konser paduan suara itu pun menjadi viral, menyebar luas secara cepat, dalam tempo lebih dari sepekan dalam Desember 2015 ini. 

Paduan suara beranggotakan sekitar 200 bocah itu berasal dari siswa-siswa kelas 4 sampai 6 sekolah Prancis di Ottawa, demikian dikutip SURYA.co.id dari kantor berita UPI.  

Penasaran tentang lagu Arab seperti apa yang mereka nyanyikan? 

Ya, lagu itu tak asing juga bagi sebagian kaum muslim di Indonesia, terutama kalangan Nahdliyin

Warga Nahdliyin percaya, lagu Thala' al-Badru 'Alayna itu untuk menyambut Nabi Muhammad SAW saat tiba di Madinah dalam rangka hijrah dari Makkah pada abad ke-7 Masehi.

Konon, kaum Ansor atau warga Madinah menyanyikannya sambil menabuh rebana, dan Nabi Muhammad SAW mendiamkan.

Namun, riwayat itu disangkal kaum puritanisme Islam yang kemudian meminggirkan aneka seni musik dari keseharian. 

Apapun perdebatannya, berikut ini lirik lagu tersebut: Thala' al-badru 'alayna, min Tsaniyatil Wada’, wajaba syukru ‘alayna, ma da’a lillahi da’.

Artinya: purnama telah terbit di atas kami, dari arah Tsaniyatul Wada’, kita wajib mengucap syukur, dengan doa kepada Allah semata.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved