Yong Moo Do

Kepala Staf TNI AD: Yong Moo Do Bisa Masuk PON

#SURABAYA - Jenderal TNI Mulyono mengungkapkan, Yong Moo Do memang olahraga baru dari Korsel.

Kepala Staf TNI AD: Yong Moo Do Bisa Masuk PON
surya/sudharma adi
Salah satu pertandingan di kelompok putri, dalam Kejurnas II BDM Yong Moo Do Kasad Cup V/2015 di GOR CLS Kertajaya, Minggu (13/12/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Atlet Yong Moo Do Jatim yang diwakili Kodam V/Brawijaya mampu meloloskan dua atlet ke babak kedua, dalam Kejurnas II Bela Diri Militer (BDM) Yong Moo Do Kasad Cup V/2015 di GOR CLS Kertajaya.

Peluang atlet Kodam V/Brawijaya itu semuanya dari kelompok putra.

Dalam ajang yang dimulai Sabtu (12/12/2015) kemarin itu, dibagi ke dalam tiga kelompok, yakni putra, putri dan beregu.

Untuk putra, ada tujuh kelas yang dipertandingkan, mulai kelas 60 kg hingga 90 kg. Lalu untuk putri, hanya dua kelas yang dipertandingkan yakni kelas 55 kg dan 65 kg.

Adapun untuk Kodam V/Brawijaya, dua atlet yang melaju ke babak kedua yakni di kelas 75 kg, dimana Febri mengalahkan Eko Effendi dari Kodam IV/Diponegoro Jateng, dan di kelas 85 kg, dimana Syamsul dari Kodam V/Brawijaya menghajar Suratman dari Kodam XII/Tanjung Pura Kalbar.

Sedangkan untuk putri, Kodam V/Brawijaya tak mengirim wakilnya.

Sementara itu, usai melihat pembukaan Kejurnas II BDM Yong Moo Do Kasad Cup V/2015, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono mengungkapkan, Yong Moo Do memang olahraga baru dari Korea Selatan.

Meski begitu, seni bela diri ini langsung diadopsi TNI AD, karena olahraga ini mengedepankan ketahanan stamina. "Bela diri ini memang butuh stamina tinggi dan ini juga dibutuhkan prajurit," terangnya kepada wartawan dalam konferensi pers di GOR CLS, Minggu (13/12/2015).

Diungkapkan, olahraga ini akan terus disosialisasikan pada seluruh prajurit TNI AD. Tak hanya itu saja, agar benar-benar dikenal, maka sosialisasi menjangkau masyarakat sipil.

"Makanya, adanya kejurnas ini menjadi bagian untuk mengenalkan olahraga ini sekaligus meningkatkan prestasi. Bahkan, ke depan ini bisa masuk PON," katanya.

Setelah dikenal, maka pihaknya akan menggandeng KONI Pusat, sehingga nantinya ada organisasi yang mewadahi Yong Moo Do. TNI AD pun siap menjadi fasilitator dan ikut melatih olahraga ini.

"Kami siap menggandeng KONI, karena saat ini kami sudah punya empat prajurit yang jadi juara dunia Yong Moo Do," pungkasnya. 

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved