Hukum Kriminal Surabaya

Bulan Maret, Tiga Komisioner Bawaslu Bakal Ditahan

”Setelah pelantikan semua kepala daerah kasus Bawaslu dilanjut lagi,” tutur Anton usai shalat Jumat di Masjid Nurul Huda Polda Jatim, Jumat (11/12).

Bulan Maret, Tiga Komisioner Bawaslu Bakal Ditahan
surya/sutono
Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji diapit Kapolres Jombang AKBP Sujarwoko (kiri) dan Bupati Jombang Nyono Suharli. 

SURYA.co.id |SURABAYA - Penyidik Ditreskrimsus Subdit III Tipikor Polda Jatim, Maret 2016 nanti akan menahan tiga Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim.

Pertimbangnnya, Maret nanti sudah dilakukan pelantikan calon bupati dan wakil bupati terpilih sudah dilakukan.

Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Anton Setiadji, menegaskan setelah rangkaian Pilkada sudah selesai, penanganan dugaan penyimpangan dana hibah APBD Provinsi Jatim tahun 2013 di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim penanganannya dilanjutkan lagi.

”Setelah pelantikan semua kepala daerah kasus Bawaslu dilanjut lagi,” tutur Anton usai shalat Jumat di Masjid Nurul Huda Polda Jatim, Jumat (11/12).

Mantan Kapolda Sulsel, menegaskan dalam penanganan ini pihaknya belum bias memastikan, apakah ketiga komisioner yang masih sibuk menangani Pilkada masing-masing SF, SS, dan AP ditahan atau tidak.
“Yang lebih tahu adalah penyidik. Orang ditahan itu kan dikhawatirkan menghilangkan barang bukti atau melarikan diri. Nah yang tahu adalah penyidik,” terangnya.

Dalam kasus ini, penyidik Tipikor yang mengirim berkas tahap I atau P-19 ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim.

Praktis dalam penangannya, penyidik tinggal koordinasi lagi dengan pihak kejaksaan untuk melengkapi kekurangannya saja.

“Itu tinggal penyerahannya saja ke tahap dua,” jelas kapolda.

Orang nomor satu di jajaran kepolisian di Jatim, menegaskan pihaknya terus memonitor kasus korupsi, narkotikan dan layanan masyarakat.

Namun untuk penanganan korupsi tidak serta merta harus diselesaikan. Artinya harus diselidiki secara cermat dan harus ada pembuktian.

Halaman
12
Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved