Pemprov Jatim

2019, Surabaya Nikmati Air PDAM dengan Kualitas di Atas Air Kemasan

Pihaknya optimis air bersih Umbulan tahun 2019 mendatang sudah mengalir ke Surabaya.

surya/ahmad zaimul haq
SILATURAHMI - Gubernur Soekarwo dan Pangdam Mayjen Sumardi dalam sebuah acara. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Empat tahun lagi puluhan ribu masyarakat Surabaya dapat menikmati layanan air bersih yang kualitasnya lebih baik dari air mineral.

Pasalnya, tahun 2019 proyek pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) Umbulan senilai Rp 1,808 triliun sudah rampung dan airnya akan mengalir sampai Surabaya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jatim Gentur Prihantono mengatakan, pihaknya optimis air bersih Umbulan tahun 2019 mendatang sudah mengalir ke Surabaya, karena bulan Januari 2016 proyek prestisius tersebut sudah ada pemenangnya.

Nah, setelah itu dilanjutkan pembebasan lahan di sekitar Umbulan yang luasnya mencapai 6,2 hektar. Dengan rincian, 4,2 hektar untuk produksi air dan 2 hektar sisanya untuk pemandian umum dan lokasi wisata.

"Diharapkan tahun depan (2016) proses pembebasan lahannya tuntas semua," ujarnya, Selasa (8/12/2015).

Apalagi di APBD Pemprov 2016 telah dianggarkan anggaran sebesar Rp 17 miliar untuk biaya pembebasan lahan tersebut.

Nah, setelah itu, pembangunan fisiknya dimulai. Mulai membangun sarana produksi, pengadaan pompa, membangun jalur pipa yang memanjang mulai dari Pasuruan hingga ke Surabaya dan Gresik sepanjang 92,3 kilometer, serta membangun titik-titik saluran air hingga ke rumah warga di enam kabupaten/kota.

"Pembangunan fisik tersebut diperkirakan dalam waktu dua tahun sudah rampung (2017 dan 2018). Sehingga tahun 2019 diharapkan sudah resmi beroperasi dan berproduksi melayani masyarakat," tegas Gentur.

Pada tahap awal, mata air umbulan nanti akan mengaliri sebanyak 260 ribu sambungan rumah yang tersebar di Kabupaten dan Kota Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya serta Gresik.

Proyek Umbulan dapat segera dikerjakan menyusul adanya jaminan dari pemerintah pusat, yang memberikan persetujuan dana dukungan kelayakan (DK) pembiayaan proyek kerjasama pemerintah swasta (KPS).

Halaman
12
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved