Berita Kota Malang

Gempa Halmahera Kurang Terliput Media, Mahasiswa Gelar Aksi

Mahasiswa turun sejak pukul 09.00 WIB hingga siang hari untuk menggalang dana buat korban gempa di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

SURYA.co.id//Sylvianita Widyawati
Untuk meringankan warga yang terkena bencana gempa di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, mahasiswa menggalang pencarian sumbangan, Senin (7/12/2015) di depan Universitas Islam Malang. 

SURYA.co.id I MALANG - Sejumlah mahasiswa turun ke jalan depan Universitas Islam Malang (Unisma), Senin (7/12/2015). Mereka turun sejak pukul 09.00 WIB hingga siang hari untuk menggalang dana buat korban gempa di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Siang hari, sudah terkumpul sejumlah uang dari warga yang peduli ke mereka. "Hari ini dapat Rp 500.000-an," ujar Alsaba S Igobula, mahasiswa semester 1 jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Unisma pada SURYA.co.id, Senin.

Menurutnya, pengumpulan sumbangan dilakukan sampai besok, Selasa (8/12/2015). Kepedulian sosial ini adalah kegiatan gabungan mahasiswa Indonesia Timur di Malang. Kebetulan yang sedang bergerak adalah 20 mahasiswa yang kuliah di Unisma.

Menurutnya lagi, bencala alam gempa di Halmahera Barat kurang mendapat perhatian di media. "Beritanya kurang. padahal disana masih ada pengungsi cukup banyak, sekitar 5000-an orang" lanjut Alsaba.

Meski pemberitaan di media kurang, namun ia mengharapkan penanganan dan perhatian bisa diberikan ke korban gempa. Menurut rencana, dana yang terkumpul ini langsung disumbangkan melalui mahasiswa Halmahera Barat di Malang untuk membantu korban.

Sementara, data SURYA.co.id gempa berkekuatan kurang dari 5 skala richter membuat banyak rumah rusak dengan berbagai variasi. Gempa juga merusak merusak sekolah dan fasilitas di kota tersebut. Kerusakan ini karena pusat gempa di darat dan di laut dekat dengan kota.

BMKG juga mencatat terjadi 833 kali gempa sejak 16 November 2015 hingga 4 Desember 2015 dengan kekuatan yang bervariasi.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved