Berita Bangkalan Madura

Puluhan Rumah Kos Dekat Kampus di Bangkalan Belum Berizin

#BANGKALAN - Puluhan rumah kos di kawasan kota dan Kampus Universitas Trunojoyo Madura (UTM) tak berizin belum terdata.

Puluhan Rumah Kos Dekat Kampus di Bangkalan Belum Berizin
SURYA.CO.ID
ILUSTRASI - Universitas Trunojoyo, Bangkalan 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Puluhan rumah kos di kawasan kota dan Kampus Universitas Trunojoyo Madura (UTM) tak berizin belum terdata di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Bangkalan.

Data yang dihimpun dari KP2T Bangkalan tercatat masih tujuh rumah kos yang terbitkan izinnya untuk kawasan Kampus UTM, Desa Telang, Kecamatan Kamal.

"Untuk data yang belum mengantongi izin kami memang tidak punya. Mungkin bisa ditanyakan ke Camat Kamal selaku kepala wilayah yang dulu pernah melakukan pendataan rumah kos di sekitar UTM," ungkap Kepala KP2T Rizal Morris, Rabu (2/12/2015).

Ia menjelaskan, data tujuh rumah kos di kawasan UTM yang sudah berizin diperoleh melalui permohonan yang diajukan pemilik rumah kos.

"Sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku terkait kegiatan rumah kos. Mekanisme awal sampai akhir baik secara administrasi dan teknis sudah kami lakukan," jelasnya.

Untuk rumah kos di kawasan Kota Bangkalan, lanjutnya, hanya 15 unit yang sudah mengantongi izin dan. Satu unit masih dalam proses.

"Pemilik rumah kos harus memiliki kelengkapan berkas administrasi, termasuk kewajiban untuk membayar pajak dan retribusi rumah kos," pungkasnya.

Sementara itu, Satpol PP setempat selaku penegak Peraturan Daerah (Perda) tidak bisa berbuat banyak terhadap rumah kos ang belum mengantongi izin.

"Kami harus saling kordinasi agar tidak salah paham antara kami dan KP2T. Kalau kami lakukan razia, khawatir kosan tersebut dalam tahap mengurus izin," ujar Kasatpol PP Bangkalan, Moh Fahri.

Pihaknya hanya bisa mengingatkan pemilik rumah kos agar mengurus izin. Sejauh ini, pihaknya mengaku sudah melakukan razia di sejumlah tempat.

"Beberapa waktu lalu kami gelar sidak di sekitar kampus UTM sebagi shock teraphy," pungkasnya.

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved