Citizen Reporter

Ribuan Guru SMA di Jawa Timur Kembali menjadi Pandu

ribuan guru SMA di Jawa Timur kembali ke medan dan merasakan masa-masa indah sebagai pramuka...

citizen/laili rusmawaty
Guru pun kembali jadi pandu 

Oleh : Laili Rusmawaty
Guru di SMAN Negeri 1 Kebomas, Gresik
fb.com/laili rusmawaty

DALAM Kurikulum 2013, ekstrakurikuler kepramukaan ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib dari jenjang SD/MI hingga SMA/SMK.

Nilai-nilai kejuangan, kejujuran, kepemimpinan, kemandirian, tenggang rasa, cinta tanah air merupakan nilai-nilai yang diaktualisasikan dan dikembangkan dalam kepramukaan.

Untuk itu Dinas Pendidikan Jawa Timur mengadakan kemah pramuka pendidikan karakter untuk guru SMA. Menggandeng Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Pusdiklatda, dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka, kemah dihelat 19 Oktober – 11 November 2015.

Kemah dibagi enam tahap yang diikuti 1.320 guru SMA se-Jawa Timur. Tahap pertama diikuti 220 guru SMA dari Kabupaten Gresik, Bondowoso, Bojonegoro, Blitar, Banyuwangi, dan Bangkalan. Tahap ini dilaksanakan (19-21/10/2015) di camping ground Hotel Purnama Batu, Malang.

Pembentukan kelompok besar (ambalan), kelompok kecil (sangga), dan materi implementasi ekstrakurikuler kepramukaan diberikan di hari pertama. Hari kedua diisi dengan pengetahuan dan keterampilan tentang peran, fungsi, dan tugas pembina penegak serta safari camp. Juga, pemberian materi gerakan revolusi mental melalui gerakan Pramuka dan karakteristik bencana di Indonesia.

Diskusi dan presentasi penyusunan tiga model kegiatan kepramukaan, yaitu model blok, aktualisasi, dan  reguler, mewarnai hari ketiga.

Suyatno, Ketua Pusdiklat Pramuka Kwarda Jatim dan narasumber kegiatan berharap, setelah kembali ke sekolah masing-masing, guru dapat menerapkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang diperoleh selama kegiatan ini serta menularkan kepada guru-guru yang lain.

 


 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved