Breaking News:

Citizen Reporter

Jangan Sembunyi Ayo Isyaratkan Keberadaanmu

jarak itu bisa diretas dengan bahasa isyarat yang mereka gunakan, pemahaman pun bisa ditemukan... mereka pun bersatu dalam klub bahasa isyarat...

kompasiana
ilustrasi 

Oleh : Endah Dwi Novitasari
Mahasiswa Universitas Negeri Malang Jurusan Pendidikan Luar Biasa
endahdwi17@ymail.com

JURUSAN Pendidikan Luar Biasa, memang jurusan baru di Universitas Negeri Malang (UM). Baru sekitar 6 tahun berdiri. Namun semangatnya untuk dikenal luas di masyarakat sangatlah tinggi. 

Salah satunya di jurusan ini memiliki kegiatan unik di luar jam kuliah yaitu klub belajar bahasa isyarat. Antusiasme klub ini mengikuti even-even di kampus UM demi memperkenalkan jurusannya sangatlah tinggi.

Mahasiswa di jurusan pendidikan luar biasa memelajari dua sistem isyarat, yaitu Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). Namun, bahasa isyarat yang sering mreka tampilkan adalah SIBI.

Kegiatan yang dilakukan dan sering ditampilkan klub ini yaitu pidato dan puisi. Satu orang membacakan pidato dengan bersuara sementara tim isyarat menerjemahkannya ke dalam bahasa isyarat).

Ada juga drama musikal isyarat yang penampilannya paling ditunggu-tunggu dan paling berkesan. Dalam drama musikal isyarat ini setiap lagu diterjemahkan ke dalam bahasa isyarat dan para pemainnya berakting mengambarkan makna dari lagu yang tengah diputar.

Even-even yang diikuti klub bahasa isyarat di jurusan ini cukup  banyak. Belum lama ini mereka mengikuti pameran pendidikan di Graha Cakrawala dan meramaikan lomba yang diadakan di Malang Town Square dalam acara Fashion Exhibition Jurusan Tata Busana UM. 

Klub bahasa isyarat ini mengadakan latihan setiap hari Rabu sore, pukul 15.00 WIB yang diadakan di Gedung Kuliah Bersama, Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Bagi yang ingin ikut dan bergabung dalam kegiatan ini, klub menerima siapapun yang ingin belajar bareng dan klub akan menerima siapapun dengan baik. Hanya lewat komunikasi, menjadi jembatan yang saling memahamkan kami dengan para difabel.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved