Berita Magetan

Lho, Kepala BLH dan Disparbudpora Magetan Saling Lempar Urusan Sampah

#MAGETAN - Lho itu bidang BLH soal sampah, bukan Disparbudpora. Wah salah kalau Disparbudpora ngurus sampah.

Lho, Kepala BLH dan Disparbudpora Magetan Saling Lempar Urusan Sampah
Surya/Doni Prasetyo
Sampah menumpuk dan semakin menggunung di pinggir jalan pertigaan Plaosan - Sarangan dan Wonogiri. Bila musim hujan bau sampah mengganggu warga dan wisatawan yang akan menikmati Sarangan, Magetan. 

SURYA.co.id | MAGETAN - Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Magetan, Bambang Setiawan "Bobo" menolak urusan sampah masuk bidang kerjanya.

Menurut dia, masalah urusan adalah urusan Dinas Pariwisata, Budaya dan Olahraga (Disparbudpora).

"Wilayah saya hanya sampai Pasar Besar Plaosan, jadi sekitar satu kilo sebelum tumpukan sampah itu. Wilayah saya 18 kecamatan, tapi di kawasan itu, domain Disparbudpora, bukan BLH. Begitu juga dengan kawasan Sarangan, itu mestinya penuh tanggungjawab Disparbudpora," kata Bambang Setiawan kepada SURYA.co.id, Sabtu (28/11/2015).

Bambang mengaku tidak kuat kalau sampai instansinya juga diminta bertanggungjawab atas kawasan wisata Sarangan.

Alasannya, selain kekurangan personil, dana kebersihan yang selama ini mengcover sampai 18 wilayah kecamatan itu sangat minim.

"Kami dilematis, mau minta tambah anggaran pastinya akan dihabisi di forum. Tidak minta tambah, beroperasi dengan dana seadanya, kasihan personil kebersihan. Selama ini kita menahan, yang penting tugas terselesaikan. Mudah mudahan nanti pengajuan anggaran bisa disetujui," kata Bambang Bobo.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Magetan Haji Siran yang dikonfirmasi menolak masalah kebersihan menjadi tanggungjawabnya, karena masalah kebersihan dan pertamanan itu bidang BLH.

"Lho itu bidang BLH soal sampah, bukan Disparbudpora. Wah salah kalau Disparbudpora ngurus sampah. Semua, termasuk kebersihan Sarangan itu juga tanggungjawab BLH bukan Disparbudpora," tandas Siran.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved