Berita Pendidikan Surabaya

Ratusan Sekolah Mulai Persiapan Unas CBT

Persiapan Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT) terus dilakukan ratusan sekolah di Surabaya tingkat SMP, SMA, dan SMK.

Ratusan Sekolah Mulai Persiapan Unas CBT
surya/ahmad zaimul haq
Sejumlah siswa SMAN 10 mengerjakan soal unas online (CBT), Senin (13/4/2015). Hari ini sebanyak 458.807 siswa SMA, SMK dan MA di Jatim mengikuti Unas. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Persiapan Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT) terus dilakukan ratusan sekolah di Surabaya tingkat SMP, SMA, dan SMK. Sarana prasarana ini menjadi hal utama yang membuat sebagian sekolah ini tahun lalu tidak bisa mengikuti Unas CBT.

Unas CBT tahun ajaran 2015-2016, sehingga berbagai persiapan dilakukan mulai dari sumber daya manusianya hingga sarana prasarana.

“Masih mempersiapkan ruang komputer, karena kami akan dibantu 30 unit perangkat komputer dari direktorat pendidikan. Sehingga butuh ruang tambahan,” ujarnya.

Dikatakannya, di sekolahnya terdapat 65 komputer, tetapi sebagian masih harus diperbaiki. Hal ini karena komputer itu sebagian telah digunakan untuk Uji Kompetensi Guru (UKG).

Untuk memenuhi siswa kelas 3 dari 9 kelas. Maka iapun meminta bantuan pinjaman laptop pada setiap kelas.

“Masih ada separuh komputer, separuhnya sudah meminta pinjaman orang tua murid. Sekolah kami ini sempit, ini masih membersihkan ruangan yang tidak terpakai,” tutur Tri.

Kemudahan dalam sistem unas CBT membuatnya sangat berharap bisa lolos verifikasi Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya. Sehingga ia berupaya seluruh komputer bisa siap saat uji coba unas CBT pada Desesmber 2015.

“Sumber Daya Manusia kami sudah siap. Tinggal komputer sama server, kalau jaringan kami sudah punya,” pungkasnya.

Terkait wewenang verifikasi dan validasi UN CBT yang awalnya dilakukan Pustekom dan Puspendik, kini dilakukan oleh Dindik Kota Surabaya. Proses verifikasi dilakukan mulai Senin sampai Rabu (16-18/11/2015) pada 225 lembaga SMP dan MTS, 120 lembaga SMA dan MA serta 92 SMK negeri maupun swasta.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dindik Surabaya, Sudarminto menjelaskan dalam tahap verifikasi dan validasi terdapat 33 poin penilaian. Mulai dari data sumber daya manusianya seperti data kepala sekolah, data proktor, dan teknisi.

Kemudian sarana prasarananya seperti server, perangkat switch, akses internet,UPS, jaminan pemadaman listrik, fasilitas ruang mulai dari tempat duduk, kelengkapan ruangan, dan lainnya.

“Jumlah sekolah ini (peserta Unas CBT) bisa berkurang ataupun bertambah, hasilnya akan diumumkan tanggal 18 November,” pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved