Berita Surabaya

Terlalu Mudah Cari Uang, Salah Satu Alasan Buta Aksara

"Tidak semua buta aksara karena tidak memiliki dana. Ada juga yang terlalu mudah mendapat uang, jadi mereka tidak mau sekolah."

SURYA.co.id | SURABAYA - Terlalu mudah mencari uang, bisa menjadi pendukung adanya buta aksara. Seperti di Jember, anak kecil dengan mudahnya mendapatkan uang dengan ikut dalam industri tembakau.

"Tidak semua buta aksara karena tidak memiliki dana. Ada juga yang terlalu mudah mendapat uang, jadi mereka tidak mau sekolah. Bukan lagi masalah dana, tapi budaya juga," ujar Dewan Pendidikan Kota Surabaya, Martadi.

Sehingga diperlukan upaya yang efektif untuk menjalankan program pemberantasan buta aksara di wilayah-wilayah ini. Yaitu wilayah yang budayanya tidak mementingkan keberadaan bahasa indonesia dan kemampuan membeca aksara.

"Paling efektif melalui paket A, minimal belajar baca tulis. Kalau perlu di beri intensif, disuruh sekolah dan diberi bantuan jangan sampai putus sekolah," ujarnya.

Dikatakannya, di Surabaya juga masih ditemukan masyarakat buta aksara akibat budaya yang belum sepenuhnya berubah.

"Kalau di Surabaya masih di daerah pinggiran, seperti Lakar santri, Kenjeran dan lainnya. Itu daerah transisi dari pedesaan ke kota," pungkas Martadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Surabaya, Saiful Rahman menjelaskan posisi Jatim masih masuk urutan ke-6 untuk buta aksara di Indonesia. "Paling banyak jember, karena mereka hidup di lingkungan perkebunan tembakau dan budaya masyarakatnya masih kecil diajak bekerja," paparnya.

Untuk itu upaya saat ini dilakukan aplikasi pemberantasan buta aksara dengan kolaborasi kejaksaan dan kepolisian untuk tim aplikasinya.

"Di Madura juga masih ada, tetapi itu bukan karena tidak mau belajar, lebih berorientasi di pondok pesantren. Jadi ada yang orang tua lebih menekankan untuk belajar bahasa arab dari pada aksara," pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved