Berita Tuban

Hari Ini Jokowi Kunjungi Kilang Minyak TPPI di Tuban

“Target TPPI kalau full produksi bisa mengurangi impor BBM sampai 17 persen (dari kebutuhan nasional)” terang Rini kala itu.

Hari Ini Jokowi Kunjungi Kilang Minyak TPPI di Tuban
surya/ahmad zaimul haq

SURYA.co.id |TUBAN - Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya mengunjungi kilang minyak yang dikelola oleh PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kabupaten Tuban. Jokowi akan tiba di TPPI sekitar pukul 11.00 wib.

Sekadar diketahui, selama ini TPPI memproduksi paraxylene, aromatic, benzene, dan orthoxylene.

Kilang minyak itu berada di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur sempat berhenti beroperasi sejak Desember 2011 hingga 2013.

Pabrik itu kembali beroperasi Bulan November 2013 setelah PT Pertamina menyuntikkan dana melalui skema tolling agrement mulai 20 November 2013 dan berakhir 20 Mei 2014. Namun, mulai Januari 2015 hingga sekarang, pabrik TPPI berhenti produksi.

Pada tanggal 13 September 2015, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengunjungi lokasi produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) di TPPI.

Dia hadir didampingi Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto, Direktur Utama PT Perhutani Mustoha Iskandar, serta sederet direktur utama dan komisaris utama dari perusahaan BUMN.

Dalam kesempatan itu, Rini mengungkapkan, TPPI akan beroperasi lagi. Ia berharap, produksi BBM TPPI bisa mengurangi impor BBM.

“Target TPPI kalau full produksi bisa mengurangi impor BBM sampai 17 persen (dari kebutuhan nasional)” terang Rini kala itu.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, saat ini sedang memproses pemanfaatan TPPI kembali supaya ke depan memberikan manfaat yang lebih laik kepada masyarakat Indonesia.

Ia menyebut, TPPI bisa memproduksi BBM Ron 88 dan 90. Untuk jangka pendek, Pertamina akan memproduksi Ron 88 lebih dulu sebanyak 90.000 barrel per hari.

“Itu langkah awal,” ujar Dwi.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved