Hari Pahlawan

Lima Semangat Pahlawan yang Wajib Diteladani

#BOJONEGORO - Para pahlawan itu berniat bukan untuk dirinya namun berniat untuk bangsa dan negaranya bahkan melampaui zaman dan kebanyakan orang.

Lima Semangat Pahlawan yang Wajib Diteladani
iksan fauzi
Ziarah ke Taman Makam Pahlawan. 

SURYA.co.id | BOJONEGRO - Bupati Bojonegoro, Suyoto di sela memperingati Hari Pahlawan berpesan kepada para peserta upacara bendra di alun-alun, Selasa (10/11/2015) menyampaikan, ada lima semangat perlu diteladani generasi penerus bangsa agar terus berniat baik dan berbuat untuk kehidupan besar.

“Para pahlawan itu berniat bukan untuk dirinya sendiri namun berniat untuk bangsa dan negaranya bahkan melampaui zaman dan kebanyakan orang,” kata Suyoto, Bupati Bojonegoro di sela upacara memperingati Hari Pahlawan di Alun-alun Bojonegoro, Selasa (10/11/2015).

Selain itu, semangat lainnya, generasi muda harus peka terhadap lingkungan. Sama seperti yang disampaikan oleh pesan pahlawan.

Apalagi ketika ekonomi Indonesia tengah menurun, maka inilah kesempatan para generasi sekarang untuk dipanggil Indonesia. Para pahlawan memiliki kepakaan terhadap kondisi bangsa dan negaranya.

Semangat lainnya, para pahwan adalah orang yang ingin mewujudkan mimpinya dengan ilmu pengetahuan. Sama halnya dengan para perumus Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, mereka bukan hanya orang yang beretorika dan mengandalkan semangat saja, tapi juga memiliki ilmu pengetahuan.

Ia mencontohkan Gubernur Suryo (gubernur pertama Jatim zaman merdeka, kemudian dibunuh gerombolan komunis di Ngawi tahun 1948) bukan orang yang mengambil jalan pintas dan sekadar berteriak-teriak, dia berfikir strategis dan memahami setiap masalah.

Kemudian, semangat pahlawan yang harus tetap dilestarikan adalah semangat untuk berkarya, berjuang, dan berkorban. Para pahlwan itu adalah yang mengubah cita-cita menjadi kata-kata, mengubah kata-kata menjadi perbuatan, perbuatan menjadi karya, dan karya menjadi manfaat.

“Semangat selanjutnya adalah kesanggupan untuk bersinergi, bekerjasama dengan semua pihak,” katanya. 

Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved