Pemprov Jatim

Resep Pakde Karwo: Rujak Cingur Perlancar Pidato Para Politisi

"Politisi yang tidak lancar pidatonya, makan rujak cingur saya yakin pasti lancar," seloroh Pakde, Jumat (6/11/2015) malam, dalam Musyawarah Nasional

surya/mujib anwar
Gubernur Jatim Soekarwo dan mantan Ketua MK Mahfud MD, serta Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (dibelakang keduanya), disela-sela Munas Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara Indonesia, Jumat (6/11/2015) malam. 

SURYA.co.id|SURABAYA - Gubernur Jatim Soekarwo berbagi resep cara berpidato agar tidka grogo.

Menurut Pakde Karwo, ada makanan khusus yang bisa dikonsumsi para politisi untuk mengatasi problem kegagapan menyampaikan pidato politik dihadapan masyarakat, konstituen, dan forum resmi lainnya, yakni rujak cingur.

"Politisi yang tidak lancar pidatonya, makan rujak cingur saya yakin pasti lancar," seloroh Pakde, Jumat (6/11/2015) malam, dalam Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara Indonesia, di Gedung Bappeprov Jatim.

Munas dihadiri oleh perwakilan dari 28 Provinsi di Indonesia.

Hadir juga Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara Prof Dr Abdul Azeed, Prof Mahfud MD, Prof Todung Mulya Lubis, Prof Eko Sugitario, dan banyak pakar hukum tata negara dan pakar hukum administrasi negara lainnya.

Kata pejabat yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini, khasiat rujak cingur, salah satu makanan khas Jatim, juga telah berhasil mengantarkan sejumlah Arek Jatim menjadi pejabat publik di negeri ini dengan kemampuan pidato politik yang luar biasa.

"Salah satunya, Prof Mahfud MD, yang pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK)," tukasnya.

Mendengar pernyataan Pakde itu, Mahfud MD yang hadir dalam forum tersebut dan duduk di barisan terdepan langsung tertawa lepas.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan puluhan pengajar serta pakar hukum tata negara dan hukum administrasi negara se-Indonesia juga ikut tak bisa menahan tawa.

Untuk itu, Pakde Karwo yang juga Doktor Administrasi Negara lulusan Universitas Diponegoro (Undip) ini minta peserta Munas tidak lekas pulang meski acara nanti selesai.

"Monggo dicicipi dulu kuliner dan makanan khas Jawa Timur. Rujak cingur, rawon setan, dan lainnya," tukas Gubernur dua periode ini, berpromosi.

Dalam kesempatan itu, mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Alumni GMNI ini berharap forum Munas membahas sejumlah isu strategis, terkait sistem perundang-undangan di negeri ini. Seperti, regulasi pentingnya perlindungan konsumen untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Kita (Jatim) siap menghadapi MEA, tapi perlindungan untuk konsumen tetap harus diberikan," tegasnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Mujib Anwar
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved