Hari Pahlawan

Presiden Jokowi Jadi Irup Hari Pahlawan di Surabaya

"Presiden sudah memberikan kepastian menjadi Irup peringatan Hari Pahlawan disini (Surabaya)," tegas Gubernur Jatim Soekarwo, Jumat (6/11/2015).

Presiden Jokowi Jadi Irup Hari Pahlawan di Surabaya
surya/ahmad zaimul haq
Pementasan teater kolosal Surabaya Membara, dalam rangka menyambut peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember di Jl Pahlawan depan kantor Gubernur, Minggu (9/11/2014). 

SURYA.co.id |SURABAYA - Peringatan Hari Pahlawan di Surabaya, 10 November nanti dipastikan berlangsung istimewa.

Pasalnya, untuk pertamakalinya dalam sejarah, Presiden akan menjadi inspektur upacara (Irup) puncak peringatan Hari Pahlawan, yang akan digelar di Tugu Pahlawan, Surabaya.

"Presiden sudah memberikan kepastian menjadi Irup peringatan Hari Pahlawan disini (Surabaya)," tegas Gubernur Jatim Soekarwo, Jumat (6/11/2015).

Sebelum itu, pihaknya, kata Pakde Karwo atas nama Pemprov Jatim sudah lama berkirim surat ke Presiden agar mau menjadi Irup peringatan Hari Pahlawan di Surabaya.

"Alhamdulilah, ternyata tahun ini Presiden mau," tegasnya.

Sebelumnya, jangankan Presiden, menteri atau pejabat pusat setingkat menteri tidak ada satupun yang pernah hadir.

Untuk itu, kehadiran Presiden secara fisik nanti menjadi bukti sekaligus penegasan bahwa peringatan hari pahlawan secara de facto diakui oleh Pemerintah. Bahwa, tempat pertempuran 10 November 1945 sebagai manifest perjuangan bersatunya tentara, rakyat, dan santri yang berhasil mengusir penjajah dari Republik digerakkan di Surabaya.

"Jadi ini semakin lengkap, karena pengakuan secara formalnya sudah," imbuh Gubernur dua periode ini.

Selain itu, pengakuan ini, tukas Pakde Karwo juga sangat penting untuk seluruh masyarakat Jatim, khususnya Surabaya dan sekitarnya.

Puncak peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan, 10 November nanti akan dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Selain Presiden Jokowi sebagai Irup, sejumlah menteri kabinet kerja juga dipastikan akan hadir.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Mujib Anwar
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved