Breaking News:

Dampak Letusan Rinjani

Bandara Banyuwangi Buka Tetapi Penerbangan Batal

#BANYUWANGI - Ada dua maskapai yang melayani rute Banyuwangi yakni Garuda Indonesia dan Wings Air.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Yuli

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Setelah sempat ditutup akibat dampak erupsi Gunung Barujari, Bandara Blimbingsari di Kabupaten Banyuwangi dibuka kembali, Kamis (5/11/2015).

Sebelumnya, ada Notam tentang penutupan bandara yang berada di Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi itu.

Namun sekitar pukul 11.03 wib, ada Notam baru yang membatalkan penutupan bandara tersebut.

"Tadi memang kami evaluasi kondisi bandara dan ruang udara, dan kami laporkan, kemudian bandara open lagi," ujar Sigit Widodo, Kepala Bandara Blimbingsari Banyuwangi.

Meskipun bandara dibuka, dua maskapai yang melayani penerbangan ke Banyuwangi terlanjur membatalkan penerbangan. Ada dua maskapai yang melayani rute Banyuwangi yakni Garuda Indonesia dan Wings Air.

"Ya karena tadi pagi kan kami dapat pemberitahuan pembatalan penerbangan, tahu-tahu siang bandara dibuka. Kami dapat info pembukaan bandara sekitar pukul 11.20 wib. Kami konsultasikan ke Surabaya, ya tidak mungkin untuk melakukan penerbangan," ujar GM Garuda Indonesia Area Banyuwangi Ismugito kepada Surya, Kamis (5/11/2015).

Berdasarkan jadwal, pesawat Garuda dari Surabaya ke Banyuwangi berangkat pukul 12.45 wib. Sejak pagi, kata Ismugito, sudah ada pemberitahuan jika penerbangan ke Banyuwangi dibatalkan.

Sehingga meskipun bandara Banyuwangi dibuka siang harinya, pihak Garuda tetap memutuskan membatalkan penerbangan.

"Kalau dipaksa berangkat, ya dari Surabaya kosong. Dari Banyuwangi tadi hanya ada lima penumpang. Terpaksa kami batalkan juga," imbuhnya. Apalagi rute Banyuwangi - Denpasar yang dilayani pukul 15.25 wib juga tidak bisa dilakukan karena Bandara Ngurah Rai masih ditutup.

"Kami akan terus pantau situasi dan sejauh ini untuk penerbangan besok masih dijadwalkan berjalan normal," pungkas Ismu. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved