Berita Jombang

Minimalisir Polusi, BLH Gelar Uji Emisi Gratis

Berbagai unsur gas buangan kendaraan pun di periksa mulai dari karbon (CO), karbondioksida (CO2) hingga hidrokarbon (HC).

Minimalisir Polusi, BLH Gelar Uji Emisi Gratis
surya.co.id
Petugas saat melakukan uji emisi kendaraan roda empat. 

SURYA.co.id, JOMBANG- Untuk meminimalkan penyebaran polusi udara akibat gas kendaraan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Jombang dan Provinsi Jawa Timur menggelar uji emisi kendaraan gratis, di Jalan Raya Ceweng Kecamatan Diwek, Jombang, Rabu (5/11/2015).

Berbagai jenis kendaraan roda empat yang melintas di Jalan Raya Ceweng, dihentikan dan diperiksa petugas gabungan dari BLH Jombang dan BLH Provinsi Jawa Timur. Petugas memeriksa satu demi satu mobil tersebut.

Berbagai unsur gas buangan kendaraan pun di periksa mulai dari karbon (CO), karbondioksida (CO2) hingga hidrokarbon (HC). Uji emisi ini dilakukan, salah satunya sebagai upaya untuk menjaga kualitas udara dari polusi.

Ainun Huri, petugas BLH Jatim mengatakan, kendaraan yang tidak lolos uji emisi akan direkomendasikan untuk segera dilakukan perbaikan. Sedangkan untuk mobil yang lolos uji emisi, diberi stiker lolos uji emisi oleh petugas. 

"Dari pemeriksaan ini bisa diketahui tingkat penyebaran polusi yang ditimbulkan dari kendaraan," kata Ainun Huri.

Mustain, salah satu pemilik kendaraan mengakui pengujian emisi ini bisa membantu pemilik kendaraan untuk mengecek jika terjadi kerusakan. "Saya menanggapi positif langkah dilakukan petugas gabungan ini," kata Mustain.

Dari hasil pengambilan sampel seratus kendaraan ini, BLH akan memberikan rekomendasi pada pemerintah setempat. Dengan rekomendasi hasil uji emisi ini diharapkan bisa ditentukan langkah penanganan polusi udara akibat gas kendaraan di Kabupaten Jombang.

Penulis: Sutono
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved