Peristiwa Surabaya

Pelantikan Pj Bupati Tuban dan Pacitan Sia-sia

"Kalau tahun depan (2016) habisnya, maka pelantikan Pj juga baru akan dilakukan tahun depan," ujarnya, Selasa (3/11/2015).

Pelantikan Pj Bupati Tuban dan Pacitan Sia-sia
surya/mujib anwar
Gubernur Soekarwo ketika melantik Hadi Prasetyo (Asisten I bidang Ekbang Setdaprov Jatim) sebagai Pj Bupati Malang, Senin (2/11/2015). 

SURYA.co.id |SURABAYA - Gubernur Jatim sudah melantik 16 dari 19 Penjabat (Pj) Bupati/Wali Kota yang daerahnya menggelar Pilkada serentak, 9 Desember nanti.

Sehingga sampai saat ini tinggal tiga daerah saja yang belum. Yakni, Kabupaten Blitar, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Tuban.

Masa jabatan Bupati Blitar habis 31 Januari 2016, Bupati Pacitan 21 Pebruari, dan jabatan Bupati Tuban habis per 20 Juni 2016.

Meski menyisakan tiga daerah, tapi Pj untuk tiga daerah tersebut tidak begitu penting.

Karena mereka baru akan dilantik setelah gelaran Pilkada.
Terlebih untuk Tuban, dimana habisnya masa jabatan hampir bersamaan dengan pelantikan kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada serentak.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, pelantikan Pj baru dapat dilakukan jika masa jabatan kepala daerah sudah resmi berakhir.

"Kalau tahun depan (2016) habisnya, maka pelantikan Pj juga baru akan dilakukan tahun depan," ujarnya, Selasa (3/11/2015).

Dengan begitu, jika kepala daerah di tiga daerah tersebut maju dan mencalonkan lagi, maka mereka, kata Pakde Karwo harus sudah mengajukan cuti saat melakukan kampanye.

"Cuti harus dilakukan karena mereka juga menjadi peserta Pilkada," terangnya.

Menurut Gubernur dua periode ini, saat cuti itulah, penyelenggaran roda pemerintahan di Kabupaten Blitar, Pacitan, dan Tuban untuk sementara waktu akan dijalankan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) setempat.

Hingga 2 November 2015, Gubernur Soekarwo sudah melantik 16 Pj Kepala daerah.

Dari jumlah itu, empat Pj dilantik 19 Agustus 2015. Yaitu Lamongan, Kota Blitar, Ponorogo, dan Kabupaten Kediri. Lima Pj dilantik 28 September, masing-Masing Surabaya, Ngawi, Situbondo, Jember, dan Gresik.

Lalu 22 Oktober, Gubernur melantik empat Pj, yaitu Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, dan Banyuwangi. Terakhir, 2 November 2015 kemarin, Pakde Karwo melantik tiga Pj Bupati, yakni Malang, Sidoarjo dan Semenep.

Pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Jatim yang dilantik sebagai Pj adalah, Sudarmawan (Kepala BPBD) menjadi Pj Bupati Sumenep, Hadi Prasetyo (Asisten I bidang Ekbang) sebagai Pj Bupati Malang, dan Jonathan Judianto (Kepala Bakesbangpol) sebagai Pj Bupati Sidoarjo.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Mujib Anwar
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved