Berita Sumenep

Ratusan Penduduk Sumenep Senang Hasil Kerja TNI dan Polri di Desa

#SUMENEP – TNI membawa berkah, begitulah celoteh warga Desa Gadu Timur, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Madura.

Ratusan Penduduk Sumenep Senang Hasil Kerja TNI dan Polri di Desa
m rivai
Kegiatan TMMD, mulai membuat tandon air, paving jalan, pengaspalan jalan dan renovasi masjid di di Desa Gadu Timur, Kecamatan Ganding, Sumenep. 

SURYA.co.id | SUMENEP – TNI membawa berkah, begitulah celoteh warga Desa Gadu Timur, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Madura.

Mereka senang ada program Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD) 95 di desanya yang dinyatakan berakhir Rabu (28/10/2015).

Apalagi setelah sebuah tandon air seluas 2,5 meter persegi dengan tinggi 2,6 meter selesai dibangun oleh TNI dan air bersih pun mengalir deras ke dapur-dapur mereka.

‘’Ini bagian dari barokah Allah bagi warga di sini, karena kini untuk mendapatkan air bersih tidak harus mengambil air di sumur yang jauh dari sini, tetapi cukup dengan memutar kran air besih sudah di dapur,’’ ujar Mokarram, warga sekitar lokasi TMMD di Desa Gadu Timur kepada Surya, Rabu (28/10/2015).

Sebelum ada tandon air, lanjut Mokarrom, warga disekitar lokasi TMMD kerapkali krisis air bersih. Jangankan untuk mandi dan mencuci, juga untuk kebutuhan memasak dan minum pun warga sekitar harus rela berjalan kaki sekitar 1 sampai 2 kilometer mengambil air bersih di desa tetangga. Bahkan ada juga yang harus membeli air ke warga yang menyediakan jasa air bersih.

Tidak hanya tandon air yang dibangun dalam TMMD yang berlangsung selama 18 hari dan dimulai 8 sampai 25 Desember dengan melibatkan sedikitnya 150 personel gabungan TNI, Polisi, dan beberapa unsur terkait dan didukung sepenuhnya elemen masyarakat itu juga membangun beberapa sarana dan prasanan serta struktur bangunan di lokasi TMMD.

"Warga juga mendapat berkah TMMD berupa pembangunan pengaspalan jalan sepanjang 673 meter, rehab masjid, pembangunan MCK, rehap Paud, dan pembuatan jalan paving sepanjang 200 meter. Jadi patut kami menyampaikan terima kasih kepada TNI,’’ tandas Moh Gufron, Kades Gadu Timur.

Sekdakab Sumenep, Hadi Soetarto yang menjadi inspektur upacara penutupan TMMD ke 95 menilai, TMMD di Desa Gadu Timur tidak saja sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan TNI dalam upaya mendekatkan TNI dengan masyarakat, tetapi lebih dari itu juga telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat sekitar.

‘’TNI manunggal, telah memberikan manfaat baik fisik maupun non fisik sehingga dapat memberikan atau meningkatkan kemakmuran kepada masyarakat sekitar,’’ ujar Hadi Soetarto.

Sekdakab berharap apa yang telah dicapai dalam TMMD terutama apa yang telah dibangun secara bergotong-royong dengan masyarakat dapat terus dijaga dan dilestarikan serta dirawat dengan baik. Sehingga manfaat dari TMMD tidak saja dinikmati saat ini saja, tetapi sampai pada anak cucu desa setempat.

‘’Terima kasih TNI, Polri dan masyarakat yang selama ini bantu membantu dalam mensukseskan program TMMD. Semoga semua juga menjadi bagian dari ibadah kita semua,’’ pungkas Sekda.

Komandan kodim Sumenep, Letkol Infanteri Permadi Azhari mengungkapkan semua kegiatan sudah selesai 100 persen. ‘’ Baik kegiatan fisik berupa pembangunan dan peningkatan sarana desa, juga kegiatan non fisik seperti pengobatan gratis, penyuluhan bela negara dan penyuluhan hukum dan keluarga berencana, selesai semua,’’ ujar Permadi.

Pada penutupan TMMD ke 95, seluruh Porpimda, seluruh SKPD Sekkab Sumenep, Kasiter Rem 084 Bhaskara Jaya, Kasi Infolata Dam V Bhaskara Jaya, Pabandiya Ter Dam V Brawijaya, Porpimka Kecamatan Ganding, seluruh kepala desa dan tokoh masyarakat dan tokoh masyarakat sekitar.

Foto-foto saat kegiatan TMMD, mulai membuat Tando air, paving jalan, pengaspalan jalan dan renovasi masjid di lokasi TMMD di Desa Gadu Timur, Kecamatan Ganding, Sumenep.

Penulis: Moh Rivai
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved