Kebakaran di Hyang Argopuro

7 Pendaki Lolos dari Kebakaran Hutan di Lereng Hyang Argopuro

#SITUBONDO - Ketujuh pendaki itu terdiri dari empat pendaki asal Jember dan tiga orang dari Tangerang.

7 Pendaki Lolos dari Kebakaran Hutan di Lereng Hyang Argopuro
Surya/izi hartono
Tim Basarnas bersiap mencari para pendaki yang terjebak di Gunung Hyang Argopuro. 

SURYA.co.id | JEMBER - Pendaki yang dikabarkan terjebak kebakaran hutan di Pegunungan Argopuro (3.088 mdpl) akhirnya bisa dievakuasi turun.

Sampai Selasa (27/10/2015) sore, mereka belum sampai ke pos pintu masuk ke Argopuro di Baderan Kecamatan Sumber Malang, Kabupaten Situbondo.

Sedangkan jumlah pendaki yang dievakuasi ternyata tujuh orang. Ketujuh orang itu terdiri dari empat orang pendaki asal Jember dan tiga orang dari Tangerang.

Ketujuh orang itu adalah Vijay Ensas Akhlakul K, Jared Yehezkiel, Nizar Zulkifli, dan Rizaldi Adistya Pamungkan (asal Jember), kemudian Hilmi Ahmad Kamal, Muhammad Farhan, dan Muhammad Abdul Pani (asal Tangerang).

Vijay merupakan anak dari Komandan Koramil Puger Kapten Hendro, dan Jared merupakan anak Komandan Koramil Balung, Kapten Sondah.

"Sampai tadi malam jumlah pendaki memang masih simpang siur, karena ya terkendala komunikasi. Namun sore ini bisa dipastikan ternyata tujuh pendaki, dan semuanya selamat, sehat segar bugar. Orang tua juga menjemput di Baderan. Sekarang masih perjalanan turun dari Cikasur ke Baderan," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widadgo kepada Surya, Selasa (27/10/2015) sore.

Para pendaki itu memang dilaporkan sempat meminta pertolongan karena mengabarkan ada kebakaran hutan di kawasan Argopuro, Senin (26/10/2015) sore. Kabar itu didapatkan dari keluarga pendaki yang menghubungi Basarnas dan BPBD Jember.

Basarnas dan BPBD Jember kemudian berkoordinasi dengan SAR dan BPBD Situbondo untuk menyelamatkan para pendaki.

"Alhamdulillah, mereka sudah dalam perjalanan turun. Dan personel BPBD juga sudah kembali ke Mako masing-masing. Ini juga sudah kami laporkan ke BPBD Jawa Timur," imbuh Heru.

Sementara itu, Fandi dari UKM Pencita Alam Gemapita FKIP Universitas Jember menceritakan, pengurus Gemapita yang bernama Vijay mendaki Gunung Argopuro. "Bersama anggota Sisdamapala (SMAN 2 Jember) dan kawan bukan dari komunitas pendaki gunung. Mereka berangkat Jumat (23/10/2015) pekan lalu," ujar Fandi.

Pendakian itu bukanlah kegiatan kampus, namun kegiatan masing-masing pendaki tersebut. Karenanya mereka terdiri dari beberapa komunitas dan berangkat bareng mendaki pegunungan yang memanjang mulai dari Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Probolinggo itu.

Sementara itu dari informasi yang dihimpun SURYA.co.id, para pendaki tersebut akan tiba di Pos Baderan sekitar pukul 20.00 wib.

Perjalanan Cikasur - Baderan memerlukan waktu tempuh 10 - 12 jam (berjalan kaki) dan enam jam untuk perjalanan memakai sepeda motor. Para pendaki tersebut dikabarkan diturunkan dengan naik sepeda motor.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved