Tempo Doeloe

VIDEO LANGKA - Detik-detik Regu Tembak Membunuh 2 Telik Sandi

Sebelum eksekusi, mata narapidana ditutup dan tangan serta tubuhnya diikat ke tiang. Lalu, regu tembak pun melepaskan tembakan. 2 pemuda roboh.

VIDEO LANGKA - Detik-detik Regu Tembak Membunuh 2 Telik Sandi
British Pathe
EKSEKUSI MATI - Satu dari dua pemuda yang terbukti jadi mata-mata Nazi menjelang dibedil mati oleh tentara Amerika Serikat. Lihat videonya di akhir naskah. 

SURYA.co.id - Proses tembak mati terhadap terpidana lazimnya dirahasiakan. Namun, dalam masa Perang Dunia II, proses hukuman mati itu disiarkan terbuka.

Ini terlihat dalam rekaman video tahun 1945 yang pada masa itu juga dipublikasikan, dan kini disediakan versi digitalnya oleh British Pathe di YouTube

Terlihat dua narapidana digiring keluar dari truk oleh Polisi Militer Amerika Serikat. Mereka lantas dibawa ke titik eksekusi mati. Lokasinya tak disebutkan. 

Sebelum eksekusi, mata narapidana ditutup terlebih dulu. Tangan dan tubuhnya diikat ke tiang. Lalu, regu tembak pun melepaskan tembakan dan narapidana pria itu roboh. Proses yang sama diulang lagi tapi oleh regu tembak berbeda.

Siapa kedua narapidana yang masih terlihat sangat muda itu? 

Namanya Heinz Petry dan Josef Schoner, masing-masing berusia 16 dan 17 tahun. Mereka dihukum mati oleh pihak Sekutu, termasuk Amerika Serikat, karena dianggap terbukti menjadi telik sandi atau mata-mata di wilayah Aachen. 

Kedua pemuda itu disebutkan bekerja untuk pihak Adolf Hitler dari Jerman. 

Mereka mula-mula tertangkap pasukan Hitler saat bersembunyi di sebuah lubang pada 22 Febuari 1945. Lalu, oleh pihak Jerman, mereka ditawari menjadi mata-mata yang melaporkan pergerakan tentara Amerika. 

Kini, lebih dari setengah abad kemudian, Amerika Serikat paling lantang menentang hukuman mati di sebagian negara-negara Asia dan Afrika. 

Penulis: Yuli
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved