Hari Santri Nasional

Santri Kenakan Masker untuk Solidaritas Korban Asap

"Kita harus tepo seliro, solider terhadap saudara-saudara kita yang terkena musibah asap. Mudah-mudahan segera bisa diatasi," kata Inspektur Upacara H

Santri Kenakan Masker untuk Solidaritas Korban Asap
surya/ahmad zaimul haq
UPACARA SARUNGAN - Ratusan santri mengikuti Apel Hari Santri Nasional di DPW PKB, Kamis (22/10). Pada upacara itu, semua peserta memakai masker sebagai bentuk kepedulian musibah kabut asap yang melanda sejumlah daerah di Indonesia. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dengan tetap bersarung dan posisi tegak saat upacara Hari Santri Nasional, ratusan santri juga mengenakan masker sepanjang upacara berlangsung.

Ini bentuk solidaritas santri dan santriwati atas musibah asap yang terus melanda saudara satu bangsa di Riau dan Palangkaraya.

Satu per satu, para santri itu mengenakan masker. Mereka mengikuti upacara dengan tetap bermasker.

"Kita harus tepo seliro, solider terhadap saudara-saudara kita yang terkena musibah asap. Mudah-mudahan segera bisa diatasi," kata Inspektur Upacara Hari Santri Nasional yang juga Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar.

Selain dihadiri para santri dari berbagai pondok pesantren berbasis NU, upacara unik ini juga dihadiri perwakilan siswa sekolah di bawah organisasi keislaman.

Selain itu juga dari mahasiswa-mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (IAIN).

Usai upacara, mereka disuguhi teatrikal perjuangan para santri ikut memperjuangkan kemerdekaan. Bahkan saat itu, Presiden Soekarno minta fatwa KH Hasyim Asy'ari dalam berjuang memperebutkan kemerdekaan dan membunuh penjajah.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved