Otomotif

Tata Motors Manfaatkan Harga Solar Turun untuk Naikkan Pick Up

#SURAAYA - Mobil dengan BBM solar kapasitas mesin 1.400 cc ini belum ada. Sehingga kami agresif untuk bermain di kelas ini.

Tata Motors Manfaatkan Harga Solar Turun untuk Naikkan Pick Up
Surya/sri handi lestari
(Dari kiri ke kanan) Agustinus L Kesuma, Managing Director PT Hanata Auto, didampingi President Director PT Tata Motors Indonesia, Biswadev Sengupta dan pemenang lomba tantangan super Tata Super Ace 2015, beserta Mohammed Jameel Ahmad, After Sales Service Advisor PT Tata Motors Distribusi Indonesia, di Taman Dayu, Pasuruan, Sabtu (17/10/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dimanfaatkan PT Tata Motors Indonesia untuk agresif menjual produk mobil jenis pick up.

Pabrikan asal India ini menggunakan BBM solar untuk kelas pick up small. 

"Mobil dengan BBM solar kapasitas mesin 1.400 cc ini belum ada. Sehingga kami agresif untuk bermain di kelas ini, apalagi secara total jenis kendaraan yang kami jual, pick up memiliki kontribusi yang cukup besar," jelas Biswadev Sengupta, President Director PT Tata Motors Indonesia, di sela kegiatan fun rally Tantangan Suoer Tata Super Ace 2015, Sabtu (17/10/2015).

Biswadev menyebutkan bila saat ini, pihaknya menjual mobil pick up Tata Super Ace 1400 cc dengam BBM solar yang belum ada saingannya.

Mobil ini baru dikenalkan di pasar Indonesia dalam dua tahun terakhir. Sementara di pasar Surabaya dan Jatim, baru meluncur di jalanan dalam satu tahun terakhir.

Meski baru, Biswadev mengaku respon pasar Indonesia sangat positif. Bahkan di waktu dua tahun ini, sebagai new comers di kelasnya, Tata Super Ace 1400 cc sudah mendapatkan pangsa pasar antara 8 persen hingga 10 persen.

"Bagi kami pangsa pasar ini sudah cukup bagus. Bahkan dibandingkan dengan penjualan jenis lainnya yang sama-sama produk Tata, Tata Super Ace 1400 cc ini malah memberi kontribusi terbesar," lanjut Biswadev.

Kontribusi itu mencapai 35 persen. Sementara 65 persennya, terbagi untuk mobil tata jenis city car, MPV, dan sedan.

BBM solar, yang harganya baru saja turun, menjadi peluang bagi Tata untuk menaikkan penjualan small pick up ini. Agustinus L Kesuma, President Director PT Hanata Auto, sebagai dealer mobil Tata di Surabaya, mengakui bila potensi pick up masih tinggi.

"Apalagi di wilayah Surabaya dan sekitarnya, pada tahun 2014 lalu sudah sekitar 300 an unit, tahun 2015 ini targetnya bisa naik dua kali lipatlah," kata Agustinus.

Apalagi di tengah penurunan penjualan otomotif secara nasional maupun global, Biswadev dan Agustinus menyatakan bila penjualam mobil Tata malah naik sekitar 35 persen hingga 40 persen.

Hal ini diakui adanya kelebihan yang diberikan Tata, meski sebagai pemain baru di pasar otomotif Indonesia, namun produknya sudah mulai dikenal. Layanan purna jual, seperti bengkel dan spare part yang sudah tersedia menjadi nilai lebih.

Salah satu strategi yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan, khusus di seri small pick up, Tata agresif menggandeng para pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UKM). Apalagi ditengah target meningkatkan usaha kecil, Tata memberi kemudahan untuk memiliki Tata Super Ace 1.400 cc dengan berbagai cara.

"Beli tunai, unit juga sudah tersedia tanpa inden lama, beli kredit, kami juga sudah kerjasama dengan banyak leasing yang siap dipilih konsumen, sesuai dengan kemampuan uang muka dan cicilan yang disiapkan," tambah Agustinus.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved