Berita Pendidikan Surabaya

Pelajar Indonesia Kuliah di Selandia Baru terus Meningkat

Selain itu, Selandia Baru termasuk negara yang investasi di bidang pendidikannya paling tinggi, yakni 21 persen dari total anggaran belanja publik.

Pelajar Indonesia Kuliah di Selandia Baru terus Meningkat
surya/aflahul abidin
Karmela Christy, Marketing and Strategic Relation Manager of Education New Zealand Education (ENZ) sedang presentasi dalam Pengenalan Pendidikan di Selandia Baru, Jumat (2/10/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jumlah pelajar Indonesia yang berkuliah di Selandia Baru terus meningkat dalam lima tahun terakhir. Bahkan pada tahun lalu, kenaikan itu mencapai 14 persen menjadi 393 mahasiswa. Rata-rata kenaikan tiap tahun berkisar di angka 10 persen.

Karmela Christy, Marketing and Strategic Relation Manager of Education New Zealand Education (ENZ) mengatakan, iklim lingkungan yang relatif tertib dan aman menjadi daya tarik negeri itu bagi kebanyakan pelajar.

Selain itu, Selandia Baru termasuk negara yang investasi di bidang pendidikannya paling tinggi, yakni 21 persen dari total anggaran belanja publik.

"Itu data terbaru, tahun 2014," kata Karmela dalam acara Pengenalan Pendidikan di Selandia Baru, Jumat (2/10/2015).

Meski begitu, jumlah pelajar Indonesia di sana masih kalah banyak dengan pelajar dari Tiongkok. Namun, peran pelajar dari Indonesia tetap penting bagi negeri itu.

Apalagi tak hanya pada tingkat universitas, pelajar Indonesia ditingkat jenjang pendidikan sekolah juga pertumbuhannya tinggi per tahun. Pada 2014, kenaikkannya hingga 20 persen menjadi 79 orang.

Kenaikan itu juga adanya stimuli beasiswa penuh bagi pelajar Indonesia yang akan belajar di sana. Kuotanya yakni 50 orang per tahun. Program itu diadakan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Ada juga program pendidikan lain yang diberikan lembaga swasta lain.

"Jumlah universitas negeri di New Zealand (Selandia Baru) ada delapan. Negeri itu memang tidak ingin menambah kuantitas universitas. Yang ditekankan adalah kualitasnya. Sebab itu jadi menarik bagi pendidik asal Indonesia," ucap dia.

Yang menarik, para pelajar Indonesia di Selandia Baru berkesempatan nyambi bekerja selama dengan total waktu tertentu dalam sepekan.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved