Lapor Cak

P2T Sudah Terima 792 Berkas Permohonan IUP

Rekomendasi dari bupati/wali kota inilah yang akan dipakai dasar pengeluaran izin pertambangan oleh pemerintah provinsi.

P2T Sudah Terima 792 Berkas Permohonan IUP
surya/mujib anwar
Kepala UPT P2T Pemprov Jatim Pung Karnantohadi

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Sejak kewenangan pertambangan dilimpahkan ke provinsi, Oktober 2014, UPT Pelayanan Perizinan Terpadu (P2T) Badan Penanaman Modal (BPM) Pemprov Jatim telah menerima pemohon baru Izin Usaha Pertambangan (IUP) sebanyak 792 berkas.

"Dari 792 permohonan baru tersebut, izin yang sudah kita keluarkan ada 125," ujar Kepala UPT Pelayanan Perizinan Terpadu (P2T) Badan Penanaman Modal (BPM) Pemprov Jatim Pung Karnantohadi, Kamis (1/10/2015).

87 Berkas merupakan WIUP, 34 izin usaha pertambangan eksplorasi, dan empat izin usaha pertambangan operasi khusus penjualan.

Pungki, panggilan Pung Karnantohadi menyebut, izin yang paling banyak dikeluarkan adalah WIUP karena jika sudah memiliki izin ini, dapat segera mengurus izin usaha pertambangan eksplorasi, operasi produksi, dan penjualan.

"Makanya hampir 70 persen dari izin yang dikeluarkan adalah WIUP," katanya.

Pungki menegaskan, untuk mendapatkan izin WIUP, pemohon baik badan/perorangan harus melengkapi semua persyaratan yang ditentukan.

Yakni, surat permohonan bermaterai, KTP, NPWP, SIUP, TDP, akta perusahaan yang didalamnya menyebutkan usaha pertambangan, peta lokasi yang dimohon harus sejajar dengan lintang bujur dan titik koordinat.

"Semua berkas tersebut akan diperiksa sangat ketat dan cermat oleh petugas," tegasnya.

Jika berkas lengkap dan benar, maka dalam waktu 17 hari izin bisa dikeluarkan. "Itu termasuk pengecekan lapangan," imbuh Pungki.

Dari hasil pengecekan inilah akan keluar berita acara dan pengajuan rekomendasi dari kabupaten/kota. Rekomendasi dari bupati/wali kota inilah yang akan dipakai dasar pengeluaran izin pertambangan oleh pemerintah provinsi.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Penulis: Mujib Anwar
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved