Citizen Reporter

Begini Cara Mudah Menaklukkan Dunia tanpa Modal

ada cara mudah dan murah menaklukkan dunia, yakni dengan membaca di perpustakaan...

Begini Cara Mudah Menaklukkan Dunia tanpa Modal
elistory
ilustrasi 

Oleh : Diska Almira
Siswa Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya

SIAPAPUN bisa menaklukkan dunia dengan modal cekak, membaca!  Sayang, aktivitas murah meriah dan menyenangkan ini masih belum menjadi kebiasaan di Indonesia. Membiasakan membaca dengan mengunjungi perpustakaan itulah yang coba dibiasakan saat merayakan Hari Kunjung Perpustakaan 2015, Rabu (16/9).

Dihelat Badan Perpustakaan dan Kerasipan Jawa Timur, Hari Kunjung Perpustakaan 2015 resmi dibuka Ibu Fatma Saifullah Yusuf. Puluhan pelajar SD hingga SMA meramaikan acara yang dipusatkan di Jalan Raya Menur Surabaya ini.

Membaca, tak pelak menjadi topik utam acara ini. Banyak pelajar yang belum bersahabat dengan buku. Bahkan, tidak sedikit pelajar yang menganggap buku sebagai momok yang menakutkan. Buku baru dibuka saat menghadapi tugas dan ujian semata.

Tak mengherankan bila sejumlah  pembicara yang hadir menekankan betapa pentingnya membaca. Seperti disampaikan AKBP Dr Doddy Eko Wijayanto, membaca bukan sebagai syarat belajar waktu-waktu tertentu saja tapi harus menjadi kebiasaan.

Bila membaca buku sudah menjadi kebiasaan, rasa cinta pun mudah tertaut. Itulah kata kuncinya, rasa cinta.

Tidak adanya rasa cinta pada buku itulah yang menjadikan rendahnya minat baca di Indonesia dibandingkan negara-negara lain di Asia, seperti Malaysia ataupun Singapura, ujar Iman Supiyono.

Mau tidak mau, Indonesia harus mengubah sikap dan membiasakan diri membaca jika tidak ingin tertinggal.

Bila jenuh menyerang, berkunjung ke perpustakaan bisa menjadi solusi, saran Iman Supiyono. Ribuan buku, jutaan tema tentu bisa menjadi pilihan menarik di perpustakaan.

Mari menaklukkan dunia dengan membaca!

 

Tags
membaca
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved