Cybercrime

Napi Mengaku Polisi di Facebook, Tipu Gadis Hingga Rp 9,3 Juta

“Perkenalan berawal lewat Facebook, pelaku mengaku sebagai anggota Polantas di Surabaya. Perkenalan itu dilanjut lewat ponsel, s

gainesvillescene.com
Ilustrasi penipuan via Facebook 

SURYA.co.id | MAGETAN - Hari Prayogo, narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Madiun, bisa main Facebook lalu menipu gadis desa berinisial TAN, warga Desa Klagen, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan.

Hari yang mengaku sebagai anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) juga sering merayu lewat telepon selulernya, bahkan berjanji menikahi sehingga TAN terpikat dan memberikan hartanya sampai jutaan rupiah.

“Perkenalan berawal lewat Facebook, pelaku mengaku sebagai anggota Polantas di Surabaya. Perkenalan itu dilanjut lewat ponsel, sering telepon padahal posisi pelaku masih di Lapas Klas I Madiun," kata Kapolsek Barat, Resor Magetan AKP Tirto Amarto, Rabu (23/9/2015).

Menurut dia, mereka dapat disebut berpacaran meski hanya melalui media sosial berlanjut di telepon. Suatu ketika, Hari Prayogo mengaku mendapat musibah kecelakaan sehingga membutuhkan biaya berobat.

"Korban sempat kirim pulsa dan mentransfer uang ke pelaku sebanyak empat kali," kata Kapolsek Tirto.

Tidak hanya itu, Hari Prayogo, terpidana perkara penganiayaan dengan pemberatan seperti diatur pasal 363 KUHP itu juga mengaku akan dimutasi ke luar daerah.

Agar tidak dimutasi, Hari minta korban memberi uang kepada atasan Rp 20 juta sebagai uang suap untuk menghindari dipindahtugaskan.

Lantaran selalu dimintai uang, korban akhirnya curiga dan berusaha melapor ke Polsek Barat, Resor Magetan. Mendapat laporan itu, anggota Polsek Barat mengajak korban menjebak pelaku. 

"Korban sudah menyediakan uang Rp 20 juta tunai agar bisa diambil langsung oleh pelaku. Karena pelaku tidak bisa datang sendiri untuk mengambil uang itu, akhirnya minta bantuan Febri sesama napi untuk mencarikan kurir," jelas AKP Tirto Amarto.

Polisi yang siap menyanggong bersama korban langsung menangkap kurir setelah memperkenalkan diri suruhan Hari Prayogo untuk mengambil uang. 

Halaman
12
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved