Lapor Cak

Tarif Paling Murah Pengacara Rp 15 Juta

Selain menggunakan untuk perkaranya sendiri, Haris juga sering mendampingi teman-temannya negosiasi dengan pengacara.

SURYA.co.id | SURABAYA - Tidak semua pengacara atau advoka mematok tarif tinggi. Ada pula pengacara yang hanya mematok tarif di bawah Rp 20 juta.

Hal itu dikatakan seorang yang sering menggunakan jasa pengacara, Haris F. Selain menggunakan untuk perkaranya sendiri, Haris juga sering mendampingi teman-temannya negosiasi dengan pengacara.

Seorang Event Organizer (EO) ini mengaku pernah menemukan pengacara yang hanya mematok tariff sekitar Rp 15 juta. Saat itu dia mendampingi temannya menemui pengacara untuk mengawal kasus perceraian.

“Pengacara yang mendampingi tindak pidana pencurian juga sama. Tapi itu kalau kerugian akibat pencuriannya sedikit,” kata Haris.

Biasanya pengacara akan mendampingi kliennya sampai vonis. Tapi klien bisa mencabut kuasa dari pengacara sebelum vonis pengadilan turun. Menurutnya, pengacara tidak akan minta kompensasi setelah kuasanya dicabut. Bahkan ada pengacara yang tidak meminta uang sisa sebagaimana yang tercantum dalam perjanjian.

Haris menambahkan mayoritas pengacara selalu minta uang muka sebelum mendampingi klien. Besaran uang muka ini bervarisi. Untuk kasus-kasus ringan, uang mukanya cukup Rp 5 juta. Sedangkan untuk kasus-kasus rumit, uang mukanya bisa diatas Rp 50 juta.

“Setahu saya, pengacara itu selalu melihat calon kliennya berasal dari kalangan mana,” tambahnya.

Penulis: Zainuddin
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved