Berita Pamekasan

Bom Penghancur Karang di Pamekasan Akhirnya Bisa Diledakkan

#PAMEKASAN - Proses peledakannya tidak mudah. Baru setelah keempat kalinya diilakukan, bom itu meledak dan hancur dengan menimbulkan suara cukup keras

Bom Penghancur Karang di Pamekasan Akhirnya Bisa Diledakkan
SURYA/muchsin
Tim Jihandak Brimob Kompi 3 Detasemen A, Madura, meletakkan bom daya ledak kuat di lubang, untuk diledakan. 

SURYA.co.id | PAMEKASAN – Bom berdaya ledak kuat (high explosive) yang ditemukan warga, akhirnya diledakkan tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Brimob Kompi 3 Detasemeb A Madura, di lapangan tembak areal Markas Komando Brimob Kompi 3 Detasenen A Madura, di Pamekasan, Senin (7/9/2015), sekitar pukul 17.00.

Tim Jihandak Brimob, sebelum meledakkan bom yang memiliki daya ledak radius hingga 75 meter, lebih dulu menggali tanah sedalam 50 cm lalu bom itu diletakkan dan siap diledakkan.

Hanya saja, proses peledakannya tidak mudah. Baru setelah keempat kalinya diilakukan, bom itu meledak dan hancur dengan menimbulkan suara cukup keras hingga memekakkan telinga.

Diduga bom yang masih aktif itu, bentuknya memanjang sekitar 50 cm dengan diameter 15 cm, bukan hasil rakitan tapi buatan pabrik yang biasa digunakan untuk penelitian sieismik, mencari kandungan minyak dan gas di dasar laut.

Wakapolres Pamekasan, Kompol Hendrik Purwnmo, yang ikut menyaksikan peledakan bom mengatakan, bisa jadi bom ini digunakan untuk sebuah penelitian menghancurkan karang di dasar laut, untuk mengetahui adanya kandungan migas.

“Karena bom jenis ini memiliki daya ledak kuat dan aktif, maka agar tidak membahayakan warga sekitarnya, terpaksa kami sita dan sekarang kami hancurkan,” ujar Kompol Hendrik Purnomo.

Menurut Hendrik, bom warna kuning diamankan dari Salamah (45), warga Desa Tolonto Raja, Kecamatan Pasean, Pamekasan.

Salamah menemukan bom itu saat membersihkan rumahnya. Dan diduga bom itu disimpan suaminya ketika masih hidup dan sudah meninggal dunia setahun lalu.

Aparat Polsek Pasean yang mendengar penemuan koordinasi dengan tim Jihandak Brimob Kompi 3 Detasemen A, Madura. Kemudian untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak dinginkan terhadap bom itu, Jihandak Brimob membawa untuk diamankan.

Baca selengkapnya di Harian SURYA
LIKE http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW http://twitter.com/portalSURYA

Tags
Pamekasan
Penulis: Muchsin
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved