Cybercrime

Pemalsu 50 Kartu Debit Beberkan Caranya dan Penggunaannya di Hotel

Cyberpolice Surabaya akhirnya meringkus M Arif Adiansyah karena memalsukan 50 kartu debit. Ia selalu pakai di berbagai hotel. Ini pengakuannya.

surya/zainuddin
Kasatreskrim Polrestabes Surabaya Takdir Mattanette menujukkan barang bukti berupa kartu debit yang disita dari tersangka, Selasa (1/9/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Cyberpolice Surabaya akhirnya meringkus M Arif Adiansyah (42), warga Semampir, Surabaya karena memalsukan berbagai kartu debit.

Dalam menjalankan aksinya, Arif memanfaatkan peralatan yang biasa digunakan service komputer. Dia hanya menambah alat magnetic stripe reader (MSR) yang dibeli dari situs jual-beli online seharga Rp 1,7 juta.

Alat ini digunakan untuk memasukkan bit coin yang dibeli dari website www.briandsdamp.ru.

Dia membeli tujuh nomor debit seharga Rp 200.000 dari website itu. Setiap kode debit terdiri dari empat digit. Arif hanya ingat empat nomor debit, yaitu 5273, 5533, 3008, dan 7336. 

“Nomor debit ini yang dimasukan ke kartu debit menggunakan MSR,” kata Arif, Selasa (1/9/2015).

Dia mendapat kartu debit dari teman-temannya. Tapi dia membantah teman-temannya terlibat dalam pemalsuan ini. Dia hanya minta teman-temannya memberikan kartu debitnya yang telah mati.

Arif tidak pernah memanfaatkan kartu debit palsu ini untuk belanja di minimarket, swalayan, dan mall. Sejak tiga bulan beraksi, Arif hanya memanfaatkan untuk menginap di hotel. Biasanya Arif mengajak teman-temannya untuk menginap di hotel.

Menurutnya, seluruh transaksi di hotel menggunakan kartu debit palsu. Arif juga sering menarik uang cash dari kartu debit palsu di hotel. Tapi Arif memanfaatkan uang itu untuk belanja di hotel, seperti makan.

“Saya tidak pernah menginap bersama keluarga. Hanya sama teman-teman,” tambahnya.

Terbongkarnya pemalsuan ini bermula dari laporan manajemen hotel ke Mapolrestabes.

Halaman
12
Penulis: Zainuddin
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved