Harga Mobil Siap-siap Naik Kisaran Tiga hingga Lima Persen

Semakin besar komponen yang diimpor pada jenis tertentu akan semakin tinggi juga kenaikan harganya.

Harga Mobil Siap-siap Naik Kisaran Tiga hingga Lima Persen
surya/sugiharto
Ilustrasi pameran mobil Toyota di Surabaya, belum lama ini.

SURYA.co.id I SURABAYA - Nilai tukar rupiah yang terus menanjak di atas Rp 14.000 terhadap dolar AS, akan mengerek harga mobil. Namun, masyarakat diimbau tak khawatir terkait besaran kenaikan harga jual mobil nantinya.

Kepala Cabang Auto2000 Kertajaya, Hasan, memprediksi kenaikan harga mobil Toyota akan berkisar antara tiga sampai lima persen, tergantung pada jenis mobil. Semakin besar komponen yang diimpor pada jenis tertentu akan semakin tinggi juga kenaikan harganya.

“Ada jenis mobil Toyota yang kompenen impornya hanya 20 persen. Ada juga yang 30 persen. Jadi, tidak akan sama kenaikan antara satu merek dengan merek lain,” katanya, Senin (31/8/2015) malam.

Lagi pula, lanjut Hasan, tanpa dolar AS menguat pun, harga mobil akan tetap direvisi tiap tahun. Soalnya, banyak faktor lain yang juga mempengaruhi perubahan harga mobil. Satu di antaranya yakni inflasi.

Karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin membeli mobil agar tidak menunggu kurs dolar melemah. Harga mobil bakal sulit turun meski rupiah menguat.

“Bila memang jadi kebutuhan, sebaiknya segera membeli. Kalau sebagai invesatasi, daripada menunggu harga turun, lebih baik menimbang pembelian pada mobil yang harga jualnya bagus,” sarannya.

Tags
Auto2000
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Tri Dayaning Reviati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved