Berita Malang Raya

Awas Macet, Besok Ada Pawai di Kota Malang

"Pesertanya dari pelajar, hotel, dan SKPD. Pawai dan kirab dimulai sekitar pukul 12.30 WIB. Kami meminta maaf kalau arus lalu lintas terganggu

Awas Macet, Besok Ada Pawai di Kota Malang
surya/samsul hadi
PAWAI BUDAYA - Penari Topeng Malang ikut tampil dalam Tari Kolosal Semarak Bumi Arema dalam acara Pawai Budaya untuk memeriahkan rapat koordinasi Apeksi, Minggu (26/4/2015). 

SURYA.co.id|MALANG - Pemkot Malang akan menggelar pawai kendaraan dan kirab budaya untuk memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI, Rabu (19/8/2015).

Pemkot Malang menghimbau masyarakat agar menghindari jalur poros kota agar tidak terjebak kemacetan saat pawai budaya diselenggarakan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan ada 17 komunitas budaya dan 72 kendaraan yang akan mengikuti kirab dan pawai.

Peserta pawai budaya diperkirakan mencapai 500 orang. Tiap kelompok pawai budaya pesertanya 50 orang sampai 100 orang.

"Pesertanya dari pelajar, hotel, dan SKPD. Pawai dan kirab dimulai sekitar pukul 12.30 WIB. Kami meminta maaf kalau arus lalu lintas terganggu saat pelaksaan kirab berlangsung," kata Ida, Rabu (18/8/2015).

Dikatakannya, start kirab budaya dan pawai kendaraan dimulai dari depan Balai Kota Malang. Dari Balai Kota, rute peserta kirab budaya lewat Jl Kahuripan, lalu Jl Semeru dan finish di Perpustakaan. Sedangkan rute peseta pawai budaya dari Balai Kota lewat Jl Kahuripan, Jl Semeru, Jl Ijen, dan finish di Bakorwil, di Jl Jakarta.

"Peserta kirab budaya jalan kaki. Sambil berjalan, mereka akan menampilkan atraksi kebudayaan ke masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Handi Priyanto mengatakan sudah koordinasi dengan Satlantas Polres Malang Kota untuk mengantisipasi kemacetan saat kirab dan pawai berlangsung. Dishub juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup di beberapa titik.

"Pawai ini akan lewat tengah kota yang merupakan jalur padat kendaraan. Nanti kami membuat sistem buka tutup di Simpang Raja Bali. Kami menghimbau masyarakat agar menghindari jalur poros saat pawai berlangsung," kata Handi.

Selain itu, kata Handi, Dishub akan mengalihkan kendaraan dari arah Jl A Yani lewat pertigaan PLN dan pertigaan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA). Hal itu untuk menghindari penumpukan kendaraan di Simpang Raja Bali. Sedangkan kendaraan di Jl Kawi yang hendak lewat Jl Semeru akan diarahkan lurus lewat Jl Ijen.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved