Ini Tanda-tanda Otot Vagina Mulai Mengendur, Wajib Diperhatikan!

Seperti halnya otot di tubuh, dasar panggul dan otot vagina dapat diperkuat dengan latihan

Ini Tanda-tanda Otot Vagina Mulai Mengendur, Wajib Diperhatikan!
surya/ahmad zaimul haq
Ilustrasi perawatan V-spa 

SURYA.co.id | SURABAYA - Banyak perempuan yang merasa tabu membicarakan soal vagina lebih jauh.

Padahal, kesehatan organ vagina juga harus dijaga untuk mencegah penyakit atau masalah disfungsi lainnnya.

Berbagai fungsi vagina seperti untuk melahirkan, jalur untuk mengeluarkan darah menstruasi, jalur untuk mengalirkan sperma dan sebagainya malah membuat kita para perempuan untuk lebih fokus memperhatikan kondisi organ kewanitaan yang dimiliki.

Sadar atau tidak, ada 5 tanda otot vagina Anda sudah kendur yang mungkin akan berdampak pada beberapa kebiasaan lainnya.

Seiring waktu, akan terjadi pula pelemahan otot dasar panggul yang tentu juga berkaitan dengan tanda-tanda otot vagina yang kendur.

Lalu, apa sajakah ciri-ciri otot vagina sudah kendur?

- Kebocoran urin seperti ‘ngompol’ jika bersin atau batuk.

- Berikutnya ialah seperti merasa membuang gas tanpa sengaja.

- Tonjolan vagina yang biasa tidak terlalu kelihatan namun semakin kelihatan seiring pertambahan usia menandai bahwa otot vagina sudah kendur. Contoh yang paling nampak adalah saat mengenakan celana senam atau celana legging yang ketat, lalu nampak ‘jiplakan’ tonjolan vagina yang sangat terlihat.

- Tanda otot vagina kendur lainnya ialah adanya tekanan konstan yang dirasakan atau menimbulkan sensasi di panggul serta mengalami kesulitan untuk menuntaskan air kemih ketika pipis.

Namun, seperti halnya otot di tubuh, dasar panggul dan otot vagina dapat diperkuat dengan latihan seperti gerakan planks, squats, sit-up, lunges yang dapat memberi manfaat mengencangkan otot vagina.

Menurunkan berat badan dan berhenti merokok juga merupakan salah satu cara mudah yang bisa mulai diterapkan untuk mencegah otot vagina kendur lebih cepat. (Ridho Nugroho)

Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved